Hari ini LTFW & Agriculture di Humbang Hasundutan Dimulai

Hari ini, Jumat (6/10/2023), LTFW (Lake Toba Fashion Week) & Agriculture, bertempat di objek wisata alam Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Humbang Hasundutan dimulai.

topmetro.news – Hari ini, Jumat (6/10/2023), LTFW (Lake Toba Fashion Week) & Agriculture, bertempat di objek wisata alam Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Humbang Hasundutan dimulai.

Even ini melibatkan delapan kabupaten di Kawasan Danau Toba Sumatera Utara, yaitu Humbang Hasundutan, Taput, Toba, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Tanah Karo, dan Simalungun.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari itu (6-8 Oktober 2023) beragam agenda yang akan berlangsung. Kegiatan itu antara lain ada fashion show perwakilan setiap kabupaten se-Kawasan Danau Toba. Juga lomba fashion show tingkat SD dan SMP.

Selain itu ada pagelaran seni, penampilan Tumba siswa SD dan SMP 200 orang. Perlombaan Benih Bawang Merah antar-Penangkar Bawang Merah se-Kawasan Danau Toba. Kemudian perlombaan Prototype Pertanian Tingkat SMK se-Kawasan Danau Toba. Ada pameran hasil-hasil pertanian, pelatihan barista, termasuk pameran UMKM. Serta banyak lagi, termasuk Pagelaran Seni Humbang Hasundutan Tari Batik Humbang oleh Sanggar Seni Maduma.

Sebagai hiburan rakyat, akan hadir artis Lyodra Margareta Ginting yang merupakan seorang penyanyi dan pemeran perempuan Indonesia asal Medan. Ada juga Vanda Gomes Hutagalung, Osen Hutasoit, Gok Parasian Malau. Kemudian, Choky Sihotang, Sanga Pajumpang Band, The Boys Trio, We Make It Band, Jun Munthe, Beteng Band. Serta artis-artis lokal dari Humbang Hasundutan.

Putri Indonesia 2023 perwakilan Sumatera Utara Tabitha Christabela Napitupulu dan Putri Pariwisata Sumut 2023 Zeni Nurhalizah juga hadir dalam LTFW.

Kegiatan LTFW ini juga termasuk mempromosikan Danau Toba. Di mana pemerintah telah menetapkan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas (DWSP) di Indonesia. Salah satunya adalah Danau Toba.

DWSP sendiri merupakan bagian dari Program ’10 Bali Baru’. Nantinya destinasi Danau Toba ini tak hanya dapat menjadi daya tarik wisatawan saja. Namun juga menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat yang melibatkan warga setempat.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment