Panen Bawang Merah Pangula Na Ture Memuaskan, Bupati Samosir: Jangan Ragu Menggunakan Pupuk Organik

Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Plt Kadis Ketapang Pertanian Tumiur Gultom, Camat Pangururan Robintang Naibaho bersama Kelompok Tani Mekar Tani, melaksanakan panen perdana Demplot Bawang Merah pada Program Pangula Na Ture di Desa Saitnihuta Kecamatan Pangururan, Senin (2/10/2023).
Advertisement

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Plt Kadis Ketapang Pertanian Tumiur Gultom, Camat Pangururan Robintang Naibaho bersama Kelompok Tani Mekar Tani, melaksanakan panen perdana Demplot Bawang Merah pada Program Pangula Na Ture di Desa Saitnihuta Kecamatan Pangururan, Senin (2/10/2023).

Kadis Ketapang Pertanian Tumiur Gultom menyampaikan bahwa berdasarkan ubinan lahan demplot bawang merah seluas dua rante atau 0,1 ha dengan bantuan bibit sebanyak 75 kg dapat menghasilkan 2,2 ton atau 22 ton/ha berat basah dengan menggunakan pupuk organik dan cair.

Disampaikan Tumiur, bahwa pada Program Pangula Na Ture akan dipadukan dengan Gerakan Mandiri Petani (Gempita) yang akan dimulai tahun ini. Gempita merupakan program dimana para petani dapat mandiri membuat pupuk organik dibawah binaan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, dalam sambutannya menyampaikan syukur atas suksesnya panen perdana komoditas bawang merah pada program demplot Pangula Na Ture. Demplot (lahan percontohan) ini merupakan hasil binaan dari Dinas Ketapang Pertanian. Dalam binaan tersebut kelompok tani juga diberikan pelatihan pembuatan pupuk organik cair maupun padat serta bantuan benih yang ditanam pada Bulan Juli lalu.

“Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada para kelompok tani lainnya. Di mana dengan menggunakan pupuk organik, kita dapat memanen dengan hasil yang memuaskan. Terima kasih kepada para kelompok tani yang sudah mau belajar dan telaten dalam merawat. Sehingga saat ini kita bisa melihat hasil panen yang sangat memuaskan,” ujar Bupati.

Pupuk Organik

Di akhir sambutannya, Bupati mengimbau kepada seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Samosir agar tidak ragu menggunakan pupuk organik cair maupun padat.

“Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketapang Pertanian siap untuk melakukan pendampingan pembuatan pupuk organik. Karena hasil dari pupuk organik cair maupun padat tidak kalah dengan pupuk kimia. Selain dari hasil panen yang memuaskan, manfaat dari penggunaan pupuk organik dapat mempertahankan kesuburan tanah,” pungkasnya.

Sementara itu perwakilan Kelompok Tani Mekar Tani Omri Sipangkar, menyampaikan terimakasih kepada Bupati Samosir atas program binaan Pangula Na Ture dari Dinas Ketapang Pertanian.

“Melalui binaan Program Pangula Na Ture kami para petani merasa senang karena dapat menanam bawang dengan hasil yang memuaskan menggunakan bibit dan pupuk organik cair dari Dinas Ketapang Pertanian. Dengan hasil panen yang memuaskan kiranya dapat meningkatkan taraf ekonomi untuk kesejahteraan para petani di Kabupaten Samosir,” katanya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment