Horas Bangso Batak Serahkan Bantuan kepada Korban Kebakaraan di Lubuk Pakam

Horas Bangso Batak memberikan bantuan untuk para korban kebakaran di Lubuk Pakam. Bantuan tersebut berupa sembako, tali asih, dan lainnya. Penyerahan berlangsung, Minggu (8/10/2023), di lokasi kebakaran, Desa Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam Deli Serdang.

topmetro.news – Horas Bangso Batak memberikan bantuan untuk para korban kebakaran di Lubuk Pakam. Bantuan tersebut berupa sembako, tali asih, dan lainnya. Penyerahan berlangsung, Minggu (8/10/2023), di lokasi kebakaran, Desa Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam Deli Serdang.

Saat menyerahkan bantuan, Ketua DPK HBB Lubuk Pakam menyampaikan, bahwa apa yang mereka sampaikan itu adalah sebagai wujud keperdulian atas musibah kebakaran tersebut.

Ia juga menyebut, bahwa semama ‘Bangso Batak’ adalah saling bersaudara. “Oleh karena itu, kami sebagai HBB turut merasa bersedih atas kejadian ini. Saat melihat kejadian melalui kiriman video, kami juga ikut menangis. Apalagi terjadi saat listrik padam. Kami lihat pula ada foto anak kecil, semakin teriris rasanya hati kami,” kata Ketua DPK HBB Lubukm Pakam.

“Oleh karena itu lah kami datang ke sini,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan salam dari Ketum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, Ketua DPD Sumut Tomson M Parapat SH, dan Ketua DPC Deli Serdang Mangapul Tindaon, yang berhalangan hadir karena ada sesuatu hal.

“Mereka turut prihatin dan menyampaikan salam kepada kita semua yang ada di sini,” katanya.

Di tempat terpisah, Ketua DPD HBB Sumut Tomson M Parapat SH juga menyampaikan keprihatinannya atas musibah kebakaran tersebut. Ia menjelaskan, bahwa semua donasi berupa tali asih dan sembako itu mereka kumpulkan dari semua anggota dan pengurus.

“Kita mengumpulkan donasi baik berupa materi maupun sembako. Semua berpartisipasi, mulai dari tingkat DPP, DPD Sumut, hingga DPC Deli Serdang. Kemudian melalui pengurus DPK Lubuk Pakam, disampaikan kepada para korban kebakaran,” katanya.

“Kita turut berempati atas musibah yang menimpah tiga unit rumah. Sebagai sesama Orang Batak, maka HBB ‘makkuling mudar’ untuk membantu sesama Halak Batak,” lanjut Tomson.

Tiga Rumah

Berita sebelumnya, sebanyak tiga unit rumah warga di tepi Jalinsum Dusun VII Desa Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang, persisnya Simpang Desa Pasar Melintang, terbakar, Jumat (6/10/2023) malam.

Ketiga rumah yang saling berdekatan tersebut adalah milik Bobby Sablisebe Lumbangaol (35), Kormalina Br Girsang (72), dan Lukertina Br Sinaga (50).

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

Sebelum kebakaran terjadi, listrik di daerah itu padam. Oleh karenanya, keluarga pemilik rumah Bobby Sablisebe Lumbangaol menyalakan lilin sebagai pengganti penerangan. Sementara, becak bermotor sedang di parkir di teras rumah.

Kuat dugaan, lilin yang menyala tersambar ke tangki bensin becak mesin tersebut sehingga menimbulkan api. Dengan cepat api membakar rumah dan menyambar ke rumah lainnya yang berdempetan.

Beberapa unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Deli Serdang tiba di lokasi kejadian. Petugas berusaha memadamkan api pada tiga rumah yang terbakar.

Sekira pukul 22.00 WIB api akhirnya padam. Petugas Polsek Lubuk Pakam jajaran Polresta Deli Serdang juga turun ke lokasi kebakaran untuk melakukan pengamanan dan penyidikan penyebab kebakaran tersebut.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment