Bupati Samosir Mendukung Peringatan Hari Ulos Nasional

Panitia Hari Ulos DPD Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Kabupaten Samosir menyampaikan program terkait Peringatan Hari Ulos, kepada Bupati Samosir, di ruang kerja bupati, Rabu (11/10/2023).

topmetro.news – Panitia Hari Ulos DPD Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Kabupaten Samosir menyampaikan program terkait Peringatan Hari Ulos, kepada Bupati Samosir, di ruang kerja bupati, Rabu (11/10/2023).

Turut hadir, Ketua DPD KMDT Sinta Mauly Agnes Tamba, Ketua Panitia Hari Ulos Agustan Situmorang, Rosinta Sitanggang, dan pengurus KMDT Samosir. Hadir mendampingi Bupati Samosir, Kaban Kesbang Pol Dumoch Pandiangan, Sekdis Pariwisata, Hamonangan Tampubolon, Kabag Tapem Belman Sinaga, dan lainnya.

Agustan Situmorang menjelaskan, KMDT akan melaksanakan Peringatan Hari Ulos sekaligus Hari Sumpah Pemuda di Pantai Indah Situngkir tanggal 28 Oktober 2023. Rangkaian kegiatan meliputi Pameran Ulos dengan narasi tentang penggunaan dan fungsi ulos dalam budaya dan Adat Batak Toba. Kemudian Original Batak Dance menampilkan Tortor Batak asli. Juga ada pagelaran Mossak Batak (silat asli Batak) dengan iringan Gondang Batak. Serta Tenun Ulos dengan berbagai narasi asal-muasal terjadinya Ulos. Selain itu masih ada dan Tortor massal, dan lainnya.

Agustan menambahkan, Peringatan Hari Ulos adalah untuk mengembalikan keaslian budaya yang sudah terkikis jaman. Juga untuk lebih menarik perhatian generasi muda secara khusus Orang Batak, agar lebih mencintai budayanya sendiri.

Untuk itu diharapkan dukungan dan kerja sama dari Bupati Samosir dalam menyukseskan acara tersebut. Lebih lanjut Agustan Situmorang menyampaikan acara tersebut melibatkan beberapa sekolah dan lapisan masyarakat. Serta penyelenggaraan acara bekerjasama dengan sanggar seni dan Lembaga Budaya Pusuk Buhit.

5 Puak

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyambut baik dan mendukung Hari Ulos, sebagai upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal. Untuk mengangkat citra Ulos, ke depan Vandiko berharap Peringatan Hari Ulos dapat bersinergi dengan daerah yang memiliki Budaya Ulos.

“Ke depan Perayaan Hari Ulos ada baiknya bersinergi dengan daerah lain yang memiliki Budaya Ulos. Perayaannya dapat disatukan dari 5 puak. Sehingga akan lebih mengangkat citra Ulos,” harap Bupati Samosir.

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada KMDT. Serta berharap ada sinergi yang lebih baik dan semoga semakin banyak membawa program dan kegiatan.

“Terima kasih kepada KMDT yang sudah berperan melestarikan Ulos, sehingga Ulos ini semakin lestarilah ke depan,” tutup Vandiko.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment