Gubernur Pertama Hasil Pilkada Sumut, Syamsul Arifin, Meninggal Dunia

Mantan Gunernur Sumatera Utara, H Syamsul Arifin SE meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

topmetro.news – Mantan Gubernur Sumatera Utara, H Syamsul Arifin SE meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Saat dikonfirmasi, adik almarhum H Syamsul Arifin SE yang juga Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH membenarkan abangnya meninggal dunia di RSPAD Jakarta pada hari ini sekitar pukul 13.00 WIB.

“Iya benar. Meninggalnya sekitar setengah jam yang lalu di Jakarta,” jelas Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH yang akrab dengan sapaan Bang Ondin ini.

Informasi yang beredar di Group WhatsApp masyarakat Sumatera Utara, bahwa rencananya, pihak keluarga akan membawa almarhum ke kampung halaman, Pangkalan Berandan.

Pilkada Pertama

Sosok bernama lengkap Tuan Yang Terutama Dato’ Seri H Syamsul Arifin SE ini merupakan Gubernur Sumut ke-15 dengan masa jabatan 16 Juni 2008 – 21 Maret 2011. Almarhum juga Bupati Langkat ke-8 dengan masa jabatan 20 Februari 1999 hingga 16 Juni 2008.

Syamsul Arifi lahir di Kota Medan tanggal 22 September 1952.. Dalam adat Suku Melayu, ia memiliki gelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku.

Syamsul merupakan Gubernur Sumut pertama yang terpilih melalui pemilihan umum secara langsung, seiring dengan perubahan demokratisasi di Indonesia.

Tokoh ini mernah menjadi Ketua KNPI sumut dan menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) hingga akhir hayatnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment