Pemprov Sumut Komit Selamatkan Keuangan dan Aset, Kabupaten Humbahas Terima 51 Sertifikat BMD

Pemprov Sumut berkomitmen menyelamatkan keuangan dan aset negara atau daerah. Serta berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD) Sumut.

topmetro.news – Pemprov Sumut berkomitmen menyelamatkan keuangan dan aset negara atau daerah. Serta berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD) Sumut.

Terkait hal tersebut, Pemprov Sumut memiliki beberapa fokus perhatian. Yakni, mulai dari penyelesaian sertifikasi tanah, optimalisasi pajak tambang MBLB (mineral bukan logam dan batuan), optimalisasi pajak pemanfaatan air bawah tanah. Hingga pemanfaatan ruang di Kawasan Danau Toba.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyamaikan hal itu pada Rakor Daerah Dalam Rangka Penyelamatan Keuangan Negara/Daerah di Provinsi Sumut. Berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Kamis (26/10/2023).

“Pemprov Sumut berkomitmen melakukan berbagai upaya dalam hal penyelamatan keuangan negara. Oleh sebab itu, Pemprov akan menjaga sinergi yang telah terbangun selama ini,” kata Hassanudin.

Hassanudin menilai, koordinasi dan sinergi sangat penting dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Apalagi sepanjang tahun 2024 banyak agenda besar.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut, penyelenggara pemerintahan harus memperhatikan delapan sektor dalam pencegahan korupsi, yakni:

  1. Perencanaan dan penganggaran APBD
  2. Pengadaan barang dan jasa
  3. Perizinan
  4. Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)
  5. Manajemen ASN
  6. Optimalisasi pajak daerah
  7. Manajemen aset daerah
  8. Tata kelola dana desa

Selain itu, Nurul mengharapkan, perlu ada perbaikan sistem agar tata kelola pemerintahan dapat terjaga baik. Hal itu guna menjaga atau membatasi agar tidak ada kesempatan untuk melakukan korupsi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut perwakilan Forkopimda Sumut, bupati/walikota se-Sumut dan OPD Pemprov Sumut.

Sertifikat BMD

Rakorda itu dirangkai juga dengan penyerahan Sertifikat BMD (Barang Milik Daerah) Juli-Oktober 2023. Di mana Pemkab Humbang Hasundutan berada di posisi nomor urut 14 kabupaten/kota se-Sumut dengan 51 sertifikat.

Sertifikat BMD itu diserahkan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada Pemkab Humbahas diterima Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE.

Hadir dari Kabupaten Humbahas, Sekda Drs Tonny Sihombing, Kepala BPN Khalid Afdillah Handoyo SH, Inspektur Drs BP Siahaan, Kadis Peternakan dan Perikanan Parman Lumbangaol, dan lainnya.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment