Bupati Samosir Resmikan dan Serah Terima PLTS Pompa Air Peningkatan Produktivitas Pertanian

Bupati Samosir Vandiko T Gultom meresmikan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pompa air untuk peningkatan produktivitas pertanian. Sekaligus juga serah terima aset dengan Dinas Perindag ESDM Sumut.

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom meresmikan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pompa air untuk peningkatan produktivitas pertanian. Sekaligus juga serah terima aset dengan Dinas Perindag ESDM Sumut.

Kegiatan berlangsung di Desa Riniate Kecamatan Pangururan, Rabu (1/11/2023).

Turut hadir Kadis Perindag ESDM Provsu Mulyadi Simatupang beserta rombongan. Kemudian ada Kadis Kominfo Samosir Immanuel Sitanggang, Kadis Ketapang Pertanian Tumiur Gultom, Kaban Bappeda Litbang Rajoki Simarmata. Juga yang mewakili Kaban BPKPD Pangondian Limbong, camat dan Kades Rianiate.

Ada pun serah terima aset meliputi PLTS pompa air Desa Rianiate Pangururan dengan kapasitas pengairan 200 ha. PLTS pompa air Desa Sitinjak Onan Runggu kapasitas pengairan 100 ha. Solar panel surya daya 24 kWp hibrid dengan pompa air tenaga listrik PLN di Desa Palipi Kecamatan Palipi kapasitas pengairan 150 ha. Pompa air tenaga surya daya 22 kWp di Desa Panampangan Pangururan kapasitas pengairan 150 ha.

Dalam sambutannya Vandiko Gultom menyampaikan bahwa bantuan kepada kelompok tani itu merupakan bentuk sinergitas antara Pemkab Samosir dengan Pemprovsu. Dengan dukungan anggota DPRD Sumut Tangkas M Lumbantobing.

“Pompa air tenaga surya ini merupakan satu hal yang betul-betul ditunggu masyarakat. Tidak hanya untuk air minum, juga kebutuhan pangan yang dapat meningkatkan perekonomian melalui pertanian. Terima kasih atas perhatian kadis yang sudah memberikan bantuan pompa tenga surya,” ucap Vandiko.

Ia berharap, untuk tahun 2024 dapat menambah bantuan pompa tenaga surya di Kabupaten Samosir.

Di dalam pembangunan, Vandiko mengatakan, perlu sinergitas anggaran antara pemkab, pemprov, sampai pusat. Hal ini sebagai solusi keterbatasan anggaran Pemkab Samosir.

Pupuk Organik

Bupati juga berharap para kelompok tani mau belajar membuat pupuk organik sendiri. Sehingga kebutuhan pupuk dapat terpenuhi dan terjamin kesuburan tanah untuk jangka panjang pertanian.

Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir berharap masyarakat Desa Rianiate dapat memelihara dan menjaga pompa tenaga surya dengan baik. “Bantuan ini sudah lama dinanti masyarakat dan sudah terwujud, walaupun tenaga surya harus diurus dengan baik,” kata Parluhutan.

Sedangkan Mulyadi Simatupang mengatakan, bahwa pompa air tenaga surya sudah ada 4 unit di Samosir sejak 2020. Dan sampai saat ini, masih beroperasi dan baik.

“Kami berharap pompa air tenaga surya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara perwakilan Kelompok Tani Asiniroha mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas perhatian Pemkab Samosir dan Provinsi Sumut. Sebelum adanya pompa tersebut, katanya, masyarakat sering gagal panen. Tapi sekarang sudah dapat panen dua kali setahun.

“Kami berharap Pemkab Samosir dan Provinsi Sumatera Utara dapat memperluas areal jangkauan pompa irigasi. Sehingga seluruh persawahan dapat teraliri,” ungkapnya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment