Bupati Samosir Pimpin Rakor Pengamanan Aquabike World Championship2023

Menjelang pelaksanaan Aquabike World Championship di Kabupaten Samosir, Bupati Vandiko Gultom memimpin rapat koordinasi membahas persiapan pengamanan.

topmetro.news – Menjelang pelaksanaan Aquabike World Championship di Kabupaten Samosir, Bupati Vandiko Gultom memimpin rapat koordinasi membahas persiapan pengamanan.

Rapat berlangsung di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin (6/11/2023).

Hadir dalam rakor, Dandim 0210 TU Saiful Rizal, Kapolres Samosir Yogie Hardiman, Asisten I Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, Asisten III Waston Simbolon, jajaran Polres Samosir, Kadis Perhubungan Lespayer Sipayung, Kasat Pol PP Rudimanto Limbong, dan beberapa dinas terkait.

Untuk menyukseskan Aquabike Jetsky bertaraf internasional ini, Bupati Samosir meminta persiapan pengamanan berlangsung dengan baik. Terkait anggaran untuk pengamanan yang sudah ditampung dalam anggaran kabupaten disesuaikan dengan aturan dan kesediaan anggaran.

“Mari kita kerjasama menyukseskan acara. Kunci sukses, koordinasi komunikasi dan sosialisasi,” ucap Vandiko.

Selain itu, Bupati Samosir menekankan perlunya promosi even, baik melalui media sosial. Sehingga kalangan masyarakat maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Samosir dapat mengetahui adanya even tersebut.

Penjagaan kebersihan, membuat tong sampah portabel, dan menyiapkan personil petugas kebersihan, juga jadi pembahasan. Seluruh OPD agar menggalakkan gotong-royong (kerja bakti) di sekitar Water Front City. Bila memungkinkan intens setiap hari.

“Mari kita persiapkan sebaik mungkin yang mana acara ini sebagai ajang promosi dan mengangkat citra Kabupaten Samosir. Juga akan dihadiri Presiden RI, sekaligus dalam peresmian proyek nasional yang ada di Samosir,” ungkapnya.

Pelaku wisata diingatkan menjaga kebersihan, termasuk kebersihan toilet. Juga menjaga kestabilan harga sehingga tidak menimbulkan efek jera bagi wisatawan. Atur harga penginapan dengan baik. Jangan sampai harga hotel meningkat sampai dua kali lipat. Perlu antisipasi dengan membuat surat edaran untuk para pelaku usaha dan masyarakat.

Rakor Khusus

Dandim 0210 TU, mengatakan pihaknya akan melaksanakan rakor secara khusus dan lebih spesifik membahas tingkat keamanan pada pelaksanaan even.

Kapolres Samosir mengatakan, perlu persamaan persepsi dalam pengamanan kegiatan. Polres Samosir telah tiga kali melakukan cek lokasi, termasuk rekayasa lalu lintas. Menyiapkan titik pos pengamanan sebanyak empat pos untuk membantu masyarakat atau pengunjung manakala ada kendala.

Dalam pengamanan, Yogie menjelaskan Polres Samosir akan menambah personil dari Polda dan Dit Pol air guna pengamanan. Yakni, mulai dari kedatangan peserta, pelaksanaan acara/even, dan proses penginapan.

‘Aquabike Jetsky World Championship’ di Danau Toba akan berlangsung 22-26 November 2023. Pesertanya 118 pembalap dunia dari 22 negara dan 10 pembalap dari Indonesia. Even mempertandingkan dua kategori yaitu circuit dan endurance.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir Tetty Naibaho menyampaikan, basecamp pembalap dari berbagai negara berada di Samosir. Artinya selesai melakukan pertandingan para pembalap akan kembali ke Samosir.

Lebih lanjut, Tetty menyampaikan untuk mendukung Aquabike Jetsky, Pemkab Samosir menyelenggarakan ‘side even’ mulai tanggal 20 November. Antara lain pameran UMKM dan hiburan (musik akustik, band nasional, penampilan talent lokal, Opera Batak). Untuk acara pembukaan ada kompetisi Perahu Naga (Dragon Boat) dari delapan kabupaten Kawasan Danau Toba. Juga ada parade yang melibatkan para artis.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment