Stadion Si Jalak Terapkan Sistem Proteksi Kebakaran, Siap Suguhkan Piala Dunia U 17

Stadion Si Jalak Harupat

TOPMETRO.NEWS – Stadion Si Jalak Harupat resmi dinyatakan aman dan siap menyambut perhelatan Piala Dunia U-17 usai dilakukan serangkaian pengujian terkait Sistem Proteksi Kebakaran. Pengujian itu dilaksanakan Tim Bidang Pencegahan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bandung.

Pengujian Stadion Si Jalak Harupat ini untuk mengevaluasi kesiapan dan kinerja sistem proteksi kebakaran yang telah terpasang di stadion serta memastikan penyelenggara acara siap menghadapi situasi darurat seperti kebakaran yang mungkin terjadi selama Piala Dunia U-17.

Ikhwal kesiapan Stadion Si Jalak Harupat, Kepala Disdamkar Kabupaten Bandung, Iman Irianto menyampaikan bahwa pengujian yang dilakukan mencakup pengujian alat pemadam api ringan (APAR), sistem alarm, detektor, dan sistem hydrant di seluruh stadion.

BACA PULA | 1 Unit Rumah Permanen, Mobil dan Motor Ludes Terbakar di Kuala

Seperti dilansir TOPMETRO.NEWS dari bandungkab.go.id pada Rabu 8 November 2023.

Narasi yang tertulis di situ menjelaskan, terkait kesiapan Stadion Si Jalak Harupat, Iman mengungkapkan harapannya agar pihak penyelenggara dapat memahami tata cara dan prosedur operasional penggunaan sistem proteksi kebakaran yang telah disediakan, sebagai langkah awal dalam penanggulangan jika terjadi kebakaran.

“Pengujian dimulai dengan pemeriksaan visual APAR yang memastikan ketinggian dan penempatan APAR sesuai dengan standar keamanan. Selain itu, dilakukan pemeriksaan terhadap masa kadaluwarsa APAR yang ternyata masih cukup lama, yaitu hingga tahun 2025,” jelas Iman.

BACA PULA | Musa Rajekshah Berpeluang Besar Pimpin Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sumut

Selanjutnya, hasil pengujian sarana penyelamatan jiwa menunjukkan bahwa tanda jalur evakuasi, tanda jalur exit, dan tanda titik kumpul sudah terpasang, tetapi diperlukan peningkatan jumlahnya terutama pada area koridor dan tangga.

Pengujian terhadap Hydrant System, lanjut Iman, menunjukkan kinerja dan operasional pompa hydrant yang baik, dengan kapasitas pompa utama sebesar 750 GPM dan tekanan air yang memadai.

BACA PULA | Saksi Lihat Terdakwa Mandi di Sumur Dekat Kolam dari Kerangkeng

“Pengujian sistem alarm dan detektor juga memberikan hasil positif. Semua alarm smoke detector, heat detector, dan manual call point berfungsi dengan baik dan sesuai,” tambahnya.

Dengan hasil pengujian ini, Stadion Si Jalak Harupat dapat dipastikan aman dari risiko kebakaran dan siap menyambut Piala Dunia U-17.

BACA PULA | Kahiyang Ayu: Hindari Terjadinya Stres pada Anak

Pasalnya semua pihak terlibat telah menjalankan upaya yang maksimal untuk memastikan keamanan para penonton dan peserta selama berlangsungnya ajang olah raga bergengsi di Stadion Si Jalak Harupat tersebut.***

reporter | dpsilalahi

Related posts

Leave a Comment