Pengurus SMSI Padangsidimpuan Dilantik, ini Pesan Ketua SMSI Sumut

Ketua Serikat Media Siber Indonesia Padangsidimpuan Khairul Arief menegaskan, pihaknya siap membesarkan SMSI di 'Kota Salak'. Hal itu ia sampaikan saat pelantikan Pengurus SMSI Padangsidimpuan, di Hotel Mega Permata, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (11/11/2023).

topmetro.news – Ketua Serikat Media Siber Indonesia Padangsidimpuan Khairul Arief menegaskan, pihaknya siap membesarkan SMSI di ‘Kota Salak’. Hal itu ia sampaikan saat pelantikan Pengurus SMSI Padangsidimpuan, di Hotel Mega Permata, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (11/11/2023).

“Selain membesarkan organisasi, kami juga siap untuk berkolaborasi dengan seluruh stakeholder di Kota Padangsidimpuan,” ujar Khairul Arief.

Arief bersama seluruh pengurus berjanji akan bertugas secara santun, profesional, serta menjunjung kode etik jurnalistik berdasarkan UU Pers No.40/1999.

“Proses pelantikan ini berlangsung sangat cepat. Karena tanggal 23 Oktober kami mendapat mandat dan hari ini kami bisa melaksanakan pelantikan,” ungkap wartawan LKBN Antara itu.

Menjelang Pemilu 2024, kata Arief, SMSI hadir guna menjadi benteng dalam menangkal berita-berita hoaks. Selain itu, SMSI juga hadir sebagai sarana penyejuk di masyarakat. SMSI harapannya juga dapat menjadi wadah profesi yang kredibel.

Pihaknya juga berharap, SMSI mendapat ruang di pemangku kepentingan Kota Padangsidimpuan dan masyarakat luas. Sebab sejatinya, SMSI hadir milik semua elemen dan golongan masyarakat sesuai amanat UU Pers No.40/1999.

Tak lupa, Arief juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu, beserta jajaran. Begitu juga ucapan terima kasih ke jajaran Forkopimda Padangsidimpuan, dan pihak-pihak yang mendukung hadirnya SMSI.

“Terakhir, kami memohon arahan dan bimbingan ke Ketua SMSI Provinsi Sumut. Agar, SMSI terus berkiprah dan semakin besar khususnya di Kota Padangsidimpuan,” pungkas Arief.

Tak Ujug-ujug

Sedangkan Erris J Napitupulu, selaku Ketua SMSI Sumut, menyampaikan titip salam ke pengurus SMSI Padangsidimpuan. “SMSI lahir tidak ujug-ujug ikut tren. Apalagi di tengah perkembangan era digital yang luar biasa saat ini,” katanya.

“Untuk itu, kami harap ke pengurus untuk melengkapi berkas. Saat ini, jumlah pengurus SMSI di Indonesia ada 3.000 media online. Dan di Sumut ada 200 media online. Dan yang sudah terverifikasi di Dewan Pers se-Indonesia ada sekira 60 perusahaan media. Sejak 2018 SMSI sudah menjadi konstituen Dewan Pers,” bebernya.

Ia mengisahkan, untuk verifikasi SMSI di Dewan Pers, tidaklah mudah. Pihaknya harus berjuang untuk melengkapi berkas. Ia tidak ingin, ada media di SMSI yang disebut ‘abal-abal’.

Ia juga mendorong ketua terpilih agar ada sekretariat serta verifikasi media yang ada di Kota Padangsidimpuan ini. Harapannya, SMSI Padangsidimpuan segera membuat program kerja.

“Dan segera berkolaborasi dengan semua lini masyarakat yang ada,” tutup Pemred topmetro.news itu.

Sebagai informasi, kegiatan itu juga diwarnai dengan penyerahan cenderamata dan Ulos Selendang ke Forkopimda dan para tokoh serta pengurus SMSI Sumut.

Tarian lokal khas daerah, juga mewarnai semarak pelantikan SMSI Padangsidimpuan. Selain Forkopimda, hadir juga dalam kesempatan itu para organisasi masyarakat, kepemudaan, hingga pers setempat.

Hadirkan UKW

Penasehat SMSI Padangsidimpuan Ali Rahman Nasution berharap dalam waktu dekat, SMSI Padangsidimpuan bisa mengadakan UKW. Kemudian, kepada jajaran Forkopimda agar kiranya dapat berkolaborasi di berbagai segmen dengan SMSI Kota Padangsidimpuan.

Sedangkan, Sahabat Pers Sumut, H Syahrul M Pasaribu SH, yang juga hadir, turut menyampaikan bahwa dunia pers baginya sudah sangat lekat sejak duduk di kursi legislatif.

Selama 10 tahun sebagai Bupati Tapanuli Selatan, ia sudah bergaul dengan pers. Jika dulu ada 5W + 1H, di tengah perkembangan zaman dan gempuran saat ini, sudah bertambah menjadi 3S.

“Yaitu, save (aman), solution (nilai atau solusi), dan terakhir share (membagikan),” jelasnya.

Sementara, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan SH SIK MH mengajak SMSI agar saling berkolaborasi untuk kebersamaan. Ia menekankan agar SMSI jangan lupa bertugas dengan profesional sesuai amanat UU Pers No 40/1999 dan kode etik jurnalistik. Kemudian, ia minta SMSI agar bertugas tetap santun.

Selanjutnya, Plh Sekda Padangsidimpuan Rahuddin Harahap menyatakan bahwa pemerintah akan melakukan kolaborasi dengan pers. Rahuddin juga berharap, SMSI bisa sajikan berita yang berimbang, tidak menyudutkan atau pun tendensius.

Kajari Padangsidimpuan Dr Lambok MJ Sidabutar SH MH melalui Kasi Intel Yunius Zega SH MH juga mengaku siap untuk berkolaborasi dengan segenap pengurus SMSI.

Dalam pelantikan ini, hadir juga Forkopimda se-Kota Padangsidimpuan. Kemudian hadir ormas dan kepemudaan serta para tokoh.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment