20 Ribuan Masyarakat Langkat Lintas Agama, Doa Bersama Peduli Palestina

topmetro.news – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH menghadiri Tabligh Akbar dan doa bersama sebagai wujud Aksi Solidaritas Masyarakat Langkat Peduli Palestina di Lapangan Alun-Alun T. Amir Hamzah, Minggu (12/11/ 2023).

Tampak sekitar 20 ribuan lebih masyarakat datang dari seluruh penjuru Kabupaten Langkat dan dari luar daerah lain. Membawa atribut, bendera, spanduk bela Palestina sambil mengumandangkan Takbir dan meneriakkan Free Palestina.

Ketua Panitia Tabligh Akbar dan Do’a Bersama meyatakan bahwa Aksi Solidaritas Masyarakat Langkat Peduli Palestina didukung lebih dari 60 element masyarakat, sembari mengucapkan terima kasih kepada Bupati Langkat karena telah memfasilitasi acara tersebut.

“Peserta hari ini kurang lebih 20 ribu masyarakat Langkat maupun dari luar Langkat. Acara ini juga hadir lintas agama yaitu agama Kristen dan Thionghoa. Mereka juga mendukung atas kebebasan dan perdamaian di Palestina,” ucapnya.

Panitia Pelaksana menjelaskan bahwa, donasi yang sudah terkumpul sampai hari ini sebesar Rp290 juta dan perhitungan masih berjalan.

Ucapkan Terima Kasih

“Terima kasih kepada yang sudah berdonasi untuk saudara kita di Palestina. Terima kasih juga saya ucapkan kepada unsur pengaman hari ini yang telah membantu melancarkan kegiatan hari ini,” tambahnya.

Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin mengucapkan sangat berterima kasih kepada masyarakat yang berhadir.

“Semoga Allah Ridhoin kita berkumpul di sini. Kita sadar kalau kita ditimpa seperti saudara kita di Palestina, belum tentu iman kita sekuat mereka. Kita berkeyakinan bahwa peristiwa yang terjadi di sana bukan tanpa kasih sayang Allah. Ini rahasia Allah bagaimana kita diuji untuk terus beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

Hari ini, sambung Syah Afandin, kita juga didukung saudara kita yang beda akidah.

“Karena ini bukan pembantaian agama melainkan kemanusiaan. Saya atas nama Bupati mengajak lewat MUI untuk mendo’akan dan berdonasi sisihkan rezeki kalian buat saudara kita. Kita melihat kekejaman Israel kepada saudara kita di Palestina. Tidak usah takut untuk mengatakan Israel laknatullah. Saya secara pribadi akan menyumbang Rp100 juta. Ini bukan untuk ambil muka.Karena saya ditunjuk Allah menjadi orang terdepan untuk mendukung Palestina di Kabupaten Langkat,” ucapnya.

“Ya Allah berilah pertolongan untuk saudara kita di Palestina saya harap saudara semua yang hadir disini titipkan do’a untuk saudara kita. Kita tidak mampu untuk ke sana dan jangan lupa sumbangkan harta kalian untuk mereka,” doanya.

Afandin meminta agar menyampaikan kepada masyarakat Palestina, bahwa inilah rasa persaudaraan kami.

“Unsya Allah dengan do’a kami ini akan dijabah Allah dan masyarakat Palestina akan terbebas dari serangan,” teriak Afandin sambil bersorak Free Palestina, Free Palestina, Free Palestina.

Beri Dukungan

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Langkat mengatakan jika kehadirannya dan seluruh mayarakat di sini merupakan upaya untuk berperan sebagai muslim dalam mendukung, mendoakan rakyat Palestina.

“Karena yang terjadi kepada saudara kita di Palestina akibat serangan dari zionis Israel. Saya ucapkan kepada masyarakat Langkat yang berhadir semoga Allah jadikan amal ibadah kalian semua sebagai sedikit penyejuk hati saudara kita di Palestina,” ujarnya.

Selanjutnya, Perwakilan Lintas Agama Kristen Nurdin Tarigan menyatakan, jika ia merupakan perwakilan lintas agama dan juga penasehat Mergaslima Kabupaten Langkat. Pihaknya sangat mendukung kebebasan Palestina.

“Kita hidup damai tidak ada permusuhan. Untuk itu kita melihat saudara kita, sangat memprihatinkan. Jangan ada lagi pihak yang mengompori. Mari kita do’akan biar di sana terjadi perdamaian. Saya perwakilan lintas agama mengimbau kepada pemerintah agar bisa menjembatani perdamaian di sana, saya cinta Palestina,” teriaknya.

Selanjutnya penyematan syal Palestina dan pemberian plakat oleh Ketua Ikatan Ulama Palestina Diaspora Syaikh Dr. Ahed Abdul Atha.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ketua Ikatan Ulama Palestina Diaspora Syaikh Dr. Ahed Abdul Atha’, Ustadz Palestina KH. Dr. Fahmi Salim LC MA, Perwakilan Kapolres Langkat, Perwakilan Dandim 0203/Langkat, Kepala BNN Kabupaten Langkat AKBP S. Bangko, SH MBA, seluruh Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Langkat, seluruh Camat se-Kabupaten Langkat, Ketua MUI Kabupaten Langkat H. Zulkifli Ahmad Dian LC MA, Ketua Dewan Hakim Kabuapaten Langkat Drs. H. Nyak Cut Syahril, Ketua Al- Washliyah Kabupaten Langkat Syahrizal, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Langkat Ust. Panjang Harahap, Ketua GBKP Kabupaten Langkat Nurdin Tarigan, perwakilan etnis Thionghoa Dr. Chandra, seluruh Ketua Organisasi Pendukung Aksi Solidaritas Masyarakat Langkat, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan juga tokoh Pemuda.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment