Syah Afandin Apresisasi Program Pelatihan Pelaku IKM

topmetro.news – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH menghadiri kegiatan Program Perencanaan dan Pembangunan Industri Kabupaten Langkat melalui Pelatihan dan Pemberian Bantuan Kepada Pelaku IKM bertempat di Sentra IKM Sei Karang Stabat, Selasa (21/11/2023).

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Langkat membuat Program Perencanaan dan Pembangunan Industri Kabupaten Langkat melalui Pelatihan dan Pemberian Bantuan Kepada Pelaku IKM.

Pelatihan dan pemberian bantuan ini untuk 280 orang pelaku IKM yang terdiri dari IKM ekoprint di Kecamatan Bahorok. Produk IKM tersebut berupa makanan berbahan dasar daun kelor di Kecamatan Sei Lepan, Tanjung Pura dan Secanggang.

Selanjutnya, pembuatan tape di Kecamatan Stabat, Padang Tualang dan Kecamatan Binjai. Pembuatan Lidi di Kecamatan Padang Tualang, Stabat dan Selesei.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Langkat Ikhsan Aprija SSTP MSi mengatakan bahwa peserta dan pemberian bantuan ini diberikan untuk 280 orang. Dengan rincian 100 orang dari pengrajin lidi sawit, 100 orang dari pembuat tape, 60 orang dari pembuatan makanan berbahan dasar daun kelor dan 20 orang pengrajin ekoprint dari bahan alami ramah lingkungan.

Komitmen

“Ini komitmen kami yaitu ramah lingkungan. Kegiatan ini berjalan mulai awal Desember sampai akhir Desember 2023. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk pelaku IKM dan juga bisa mengembangkan terus industrinya hingga menjadi industri besar. Terima kasih kami kepada Bapak Plt Bupati Langkat dan kami meminta arahan dan juga bimbingan dari Bapak Plt. Bupati,” ujarnya.

Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH mengatakan jika ia cukup bangga.

“Ini cukup hebat. Kepala Dinas Koperasi ini baru 3 bulan menjabat, tapi sudah bisa berbuat yang besar manfaatnya untuk masyarakat Kabupaten Langkat,” ungkapnya.

Bantuan ini, lanjut Syah Afandin, merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

“Kita do’akan semoga kedepan banyak bantuan-bantuan yang bisa banyak manfaatnya untuk masyarakat. Saya 2 tahun jadi Bupati kami melakukan evaluasi banyak anggaran yang bisa dialihkan untuk bantuan bantuan yang lebih banyak manfaatnya. Sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat,” ujarnya.

Syah Afandin mengakui jika dirinya selalu turun langsung ke masyarakat bawah.

“Saya tidak pernah capek. Apa yang bisa kita beri, apa yang mereka butuhkan. Saya mengajak kawan-kawan di pemerintahan, ayok berpikir apa yang bisa dikasih untuk kepentingan masyarakat. Bagaimana caranya masyarakat bisa menikmati hidup di negeri kita sendiri ini,” harapnya.

“Jadi mereka tidak perlu ke luar negeri. Tinggal gimana kita mengelola ini dengan baik dan benar. Kalau IKM berkembang tentu akan menyelamatkan masyarakat lebih banyak. Karena lebih banyak membutuhkan tenaga kerja,” harapnya.

Apresiasi

Syah Afandin sangat apresiasi kepada dinas perindustrian dan perdagangan karena sangat program ini dinilai sangat baik.

“Saya berharap selesai acara ini bukan hanya menerima bantuan tetapi membawa ilmu yang bisa disebar luaskan ke masyarakat. Terima kasih atas perhatiannya semoga kegiatan ini di ridhoi Allah SWT dan bermanfaat untuk kita semua,” tandasnya.

Selanjutnya, Syah Afandin memberikan bantuan kepada perwakilan IKM berupa peralatan pendukung untuk pelaku IKM ecoprint, makanan berbahan dasar daun kelor, sapu lidi dan juga pembuatan tapai.

Turut Hadir Asisten Adm Ekbangsos H.Sukhyar Mulyamin SSos MSi, Ketua TP PKK Kabupaten Langkat Ny. Hj. Endang Kurniasih Syah Afandin, Anggota DPRD Kabupaten Langkat Ajai Ismail SE, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ilhamsyah Bangun ST, Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun SSTP, Kadis Perhubungan Arie Ramadhany SIP MSP.

Selanjutnya, tampak juga Kabag Umum H. Mahardhika Sastra Nasution SSTP MAP, Kabag Protokol Winanda Akbar SSTP, Kabid IKP Perwakilan Dinas Kominfo Langkat M. Faisal SE MIKom, seluruh Pengurus TP.PKK Kabupaten Langkat, Seluruh Camat se-Kabupaten Langkat yang berhadir, seluruh Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Langkat yang berhadir dan juga seluruh Pelaku IKM yang berhadir.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment