Even Aquabike 2023, Bupati Toba: Ini Bukan Buang-buang Anggaran, Ini Investasi

topmetro.news Terkait penyelenggaraan even Aquabike JetSki World Championship 2023, di Kawasan Daerah Pariwisata Super Prioritas Danau Toba yang berlangsung secara estafet di 4 Kabupaten. Yakni dari tanggal 22-26 November, secara khusus pada puncak pelaksanaannya, di Kabupaten Toba, pada 25- 26 November, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus mengakui sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pihak pemerintah pusat atas penyelenggaraannya.

Bupati Poltak mengakui, pada kesempatannya saat pihak Kemenkominfo RI menggelar konprensi pers bersama pihak Panitia Nasional lainnya, di Venue Bontean Balige, tepatnya di Sopo Bontean Balige, Sabtu, siang, (25/11/2023).

“Kita bersyukur even ini bisa berlangsung di 4 Kabupaten (Dairi, Samosir, Karo, dan Toba, red), khususnya di Toba, yah, Indonesia. Ini hasil kerjasama yang solid, kolaborasi yang baik oleh pemerintah, dan ini juga adalah komitmen dari pemerintah untuk memajukan Danau Toba sebagai Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang sudah ditetapkan,” ucapnya diawal.

Ekonomi Masyarakat

Lanjut Poltak di hadapan para awak media, adapun tujuan pemerintah pusat mengadakan even-even bertaraf internasional di Kawasan Danau Toba, secara khusus ia sebutkan di Kabupaten Toba, selain untuk menarik perhatian pariwisatawan mancanegara untuk datang berlibur ke Toba, juga harapannya berdampak besar bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat Toba.

“Kita harapkan, lewat even ini, kepada masyarakat, ekonomi masyarakat “dahsyat”. Dan pada even ini, para UMKM kita, juga kita dekatkan, kita masukkan disekitar lokasi even ini. Karena kita juga belajar, kita perbaiki, dari even PowerBoat sebelumnya,” ungkap Poltak.

Masih dia teruskan, terkait menghadirkan dampak positif ekonomi bagi masyarakat, akan penyelenggaraan even- even internasional di Kabupaten Toba, dia mengakui, bahwa pihaknya (Pemkab Toba) sebelumnya juga telah menerima masukan- masukan dari berbagai pihak, untuk menghadirkan pelayanan yang terbaik, demi pemanfaatan yang sebesar- besarnya bagi masyarakat Toba.

Pelayanan Terbaik

“Kami juga dengarkan, dari Pak Gubernur (Hassanudin), Pak Kapolda (Irjen Pol Agung), Pak Pangdam (Mayjen TNI Mochammad Hasan), yang memberikan saran- saran yang luar biasa untuk menghadirkan dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk penyelenggaraan even ini,” ucap pria alumni ITB itu.

“Dan terimakasih juga kepada Menteri kita, Menteri Pariwisatanya dan Ekonomi Kreatif, yang juga bekerja keras, bagaimana membantu kita untuk membina, menghadirkan UMKM kita, terlebih menghadirkan pariwisatawan kita. Juga terimakasih kepada Menkomarves, yang dengan serius menghadirkan even Aquabike ini. Termasuk Menpora kita, selaku Ketua Penyelenggara ini,” sebutnya lagi.

Sesaat mengakhiri konprensi persnya, tak luput Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus, menyampaikan semangat dan keyakinannya, terkait dampak positif ataupun outcome, akan penyelenggaraan even Aquabike JetSki, khususnya bagi masyarakat Toba.

“Saya yakin tujuan kita efek ekonomi di daerah ini. Khususnya Toba dan sekitarnya, Sumatera Utara, Indonesia. Ini adalah awal, tapi akan kita lihat nanti tahun depan, tahun berikutnya akan bertambah wisatawan kesini (Toba). Ini lah yang kita harapkan. Sekali lagi, ini bukan buang- buang anggaran, ini adalah investasi yang kita tarok sekarang. Tapi ini akan membawa efek jangka panjang. Makanya kontraknya ini (Aquabike JetSki Championship) sekarang 5 tahun, kita harapkan juga diperpanjang, ini bisa selama 50 tahun kedepan. Sekali lagi terimakasih kepada pemerintah pusat, dan pemerintah daerah yang berkolaborasi, bekerjasama mewujudkan even ini,” pungkasnya.

Dalam konprensi pers, juga turut di hadiri, Kapoldasu, Irjen Pol Agung, Pangdam I/ BB, Mayjend TNI Mochammad Hasan, Deputi Operasi dan Siaga SAR- RI, Laksmana Muda R. Eko Suyatno, Pihak Balai Besar MKG Wilayah I Medan, dan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, yang pada kesempatan itu, bertindak selaku moderator dalam agenda konprensi pers tersebut.

penulis: Guntur

Related posts

Leave a Comment