Langgar Intergritas Pengawas Pemilu, Ketua Bawaslu Batubara Minta Panwascam dan PKD Undur Diri Atau Langsung PAW

Ketua Bawaslu Batubara M Amin Lubis mengingatkan serta menegaskan kepada seluruh jajaran Panwascam dan Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan (PKD), untuk menjaga kesehatan. Sebab tahapan pemilu masih ada 70 hari lagi.
Advertisement

topmetro.news – Ketua Bawaslu Batubara M Amin Lubis mengingatkan serta menegaskan kepada seluruh jajaran Panwascam dan Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan (PKD), untuk menjaga kesehatan. Sebab tahapan pemilu masih ada 70 hari lagi.

Selain itu juga agar menjaga integritas kenetralitasan dalam Pemilu 2024.

Amin Lubis menyampaikan hal itu secara tegas kepada seluruh Panwascam dan PKD yang berjumlah 187 orang dalam Upacara Apel Siaga Kesiapan Pengawasan dan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 Kabupaten Batubara di Lapangan Sepak Bola Desa Perkebunan Dolok Kecamatan Limapuluh, Sabtu (2/12/2023).

Di awal pengarahannya, Amin bepesan agar seluruh jajaran Pengawas Pemilu tetap menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani. Karena sampai tanggal 10 Pebruari nanti, Panwascam dan PKD akan semakin berkuramg tidurnya untuk mengawasi proses kampanye sampai akhir tahapan.

Minggu Tenang

Begitu pula pengawasan minggu tenang. Pihak Bawaslu bersama Panwascam dan PKD juga akan mengawasi ‘money politic’ sampai ke tahapan pemilihan, pencoblosan suara hingga ke tingkat rekapitulasi. Oleh karenanya Amin kembali berharap agar para Pengawss Pemilu tetap menjaga fisik kesehatan, jaga mental, integritas, dan netralitas.

“Kita tetap yakin bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten Batubara, Polres Batubara dan TNI sudah menghimbauan personilnya masing-masing untuk menjaga netralitas mereka sebagai ASN, TNI dan Polri. Maka saya juga menghimbau kepada Panwascam agar menjaga komunikasi dengan Forkopimcam. Begitu pula sampai ke tingkat desa. Ingatkan kepada kepala desa beserta perangkat di bawah agar tetap netral,” pungkasnya.

“Terakhir saya ingatkan kembali, kepada kawan-kawan Panwascam dan PKD. Agar kita tetap siap melaksanakan pengawasan dan menjaga integritas. Kalau ada yang melanggar integritas, malas-malasan dan lain sebagainya, mohon agar mengundurkan diri. Kita akan mengganti. Dan kalau ada yang melanggar integritas, langsung PAW. Kita menjamin integritas Bawaslu, Panwascam sampai ketingkat PKD,” tegas Amin.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sumut M Aswin D Lubis yang turut langsung hadir, menguatkan penyampaian Ketua Bawaslu Batubara soal integritas. Karena akhir-akhir ini Bawaslu sendiri kurang mendapat kepercayaan dari masyarakat luas, dengan beragam persoalan yangt terpublikasi ke publik.

Pada akhir kegiatan, berlangsung prosesi pelepasan burung merpati oleh Bawaslu Batubara, Bawaslu Sumut, Bupati Batubara Ir Zahir MAP, Waka Polres Batubara Kompol Imam Alyiruddin, Dandim 0208/Asahan Kolonel Inf Muhammad Bassarewan, KPU Batubara, serta beberapa partai politik.

Butir Deklarasi

Berikut 6 butir deklarasi yang dibaca serta ditandatangani bersama, yaitu:

  1. Melaksanakan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Tidak melakukan politik uang dan menjanjikan imbalan dalam bentuk apapun kepada pemilih.
  3. Tidak melakukan intimidasi, ujaran kebencian dan menyebarkan berita hoaks (bohong) dalam berkampanye.
  4. Tidak melakukan penghinaan terhadap seseorang agama, suku, ras, golongan, calon dan atau peserta Pemilu yang lain, serta penghasutan dan adu domba dalam kegiatan kampanye.
  5. Tidak mengikutsertakan pihak-pihak yang terlarang dalam peraturan perundang undangan untuk ikut berkampanye.
  6. Mendukung Bawaslu Batubara melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan pelanggaran terhadap tahapan kampanye, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

reporter | | Bima Pasaribu

Advertisement

Related posts

Leave a Comment