Di Natal Bamagnas Sumut, Pj Gubsu Ajak MasyarakatbTumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (Bamagnas) Wilayah Sumut menggelar Perayaan Natal di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jumat (8/12/2023) malam.
Advertisement

topmetro.news – Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (Bamagnas) Wilayah Sumut menggelar Perayaan Natal di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jumat (8/12/2023) malam.

Pada Perayaan Natal yang berlangsung penuh sukacita itu, hadir seribuan jemaat dan tamu undangan dari berbagai lembaga gereja, organisasi gereja, keluarga. Juga para pengurus dari DPD dan DPC Bamagnas Sumut.

Bertemakan ‘Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi’, perayaan antara lain diisi dengan ibadah liturgi, kidung-kidung Natal, penyalaan lilin, doa syafaat, khotbah. Kemudian pemberian bingkisan kepada anak-anak panti asuhan, serta hiburan dan makan bersama.

Hadir di antaranya Kadis Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait mewakili Pj Gubsu, Ketum DPP Bamagnas Pdt Dr Japarlin Marbun (pengkhotbah). Hadir juga Ketua DPW Bamagnas Sumut Pdt Dr Ruben Yonathan Silalahi MTh, Ketua Panitia Siti Aminah Peranginangin, Wakil Ketua Erris J Napitupulu, Parlindungan Purba, dan para panitia.

Semangat dan Inspirasi

Dr Naslindo Sirait, menyampaikan Salam Natal kepada Keluarga Besar Bamagnas. Ia senang karena ikut dapat undangan menghadiri perayaan tersebut.

Naslindo Sirait mengatakan sukacita Natal sejatinya adalah semangat dan inspirasi. Merayakan Natal bukanlah soal seremonial, melainkan aplikasi nyata semangat perjuangan mewarnai hidup yang tumbuh dan berkembang.

Karena itu, Naslindo Sirait mengajak masyarakat Sumut dan Keluarga Besar Bamagnas khususnya, terus menggalakkan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Apakah sebagai pemula (start up), sebagai anggota koperasi maupun penerus usaha yang sedang berjalan.

Naslindo mengatakan pentingnya membuka usaha-usaha baru. Sebab statistik menunjukkan ada sekitar 400 ribu pencari kerja di Sumut yang belum mendapatkan pekerjaan.

Ia pun mengapresiasi upaya-upaya Bamagnas yang sudah melahirkan banyak pelaku usaha baru. “Jika program Bamagnas ini terus berjalan, maka diharapkan dapat membantu lapangan kerja bagi para pencari kerja,” sambung Naslindo.

Sebagaimana pesan Pj Gubsu Hassanudin, tambah Naslindo, Bamagnas diharapkan membantu Pemprov Sumut untuk memberantas narkoba dan mencegah stunting. “Kami pikir program ini ada di Bamagnas. Mari kita bersama memberantasnya,” ujarnya.

Satu hal lagi yang juga sangat penting, tambah Naslindo, agar Pemilu 2024 di Sumut berlangsung aman, damai, tertib dan lancar. “Kami berharap Bamagnas ikut berperan menyukseskan agenda pesta demokrasi ini,” ujarnya.

Apresiasi Pj Gubsu

Pdt Dr Ruben Yonathan Silalahi MTh dalam sambutannya mengapresiasi Pj Gubsu Hassanudin yang telah memfasilitasi terlaksananya Perayaan Natal di Aula Kantor Gubsu.

Kepengurusan DPW Bamagnas Sumut usai pelantikan akhir Agustus 2022 lalu, ujar Pdt Ruben Yonathan, telah berhasil membentuk 27 DPD dan 129 DPC di Sumut. Sehingga total seluruh kepengurusan berjumlah 1.880 orang.

Dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu, kata Pendeta, Bamagnas juga telah menginisiasi lahirnya 7.633 pelaku UMKM yang baru. “Bamagnas juga telah memiliki koperasi bernama Bamagnas Sejahtera Bersama,” sebut Pdt Ruben Yonathan.

Untuk stunting, Bamagnas juga telah melakukan pengobatan masal di Tanah Karo, Helvetia, Tembung, dan Simalingkar Medan. Dalam pelayanan sosial, telah membantu korban longsor dahsyat di Humbahas. Bamagnas dan YSKI telah melaksanakan aksi sosial pembagian sembako dan trauma hiling terhadap korban bencana alam.

“Agar Bamagnas semakin banyak memberikan pelayanan, sangat kami harapkan Pemprovsu membantu memperhatikan dan mendukung penuh Bamagnas mulai dari DPW, DPD dan DPC yang ada,” tambahnya.

Peran Gereja

Sebelumnya Pdt Dr Japarlin Marbun dalam khotbahnya menekankan pentingnya peranan gereja untuk memupuk kedamaian di tengah-tengah masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Ia juga mendorong gereja untuk terus mendukung lahirnya jemaat-jemaat yang membuka usaha-usaha ekonomi baru. “Melalui Bamagnas, gereja mewujudnyatakan karyanya di tengah-tengah masyarakat,” ujar Pdt.

penulis | Erris JN

Advertisement

Related posts

Leave a Comment