500 Pelajar SD Dapat Makanan Tambahan

500 Pelajar SD Dapat Makanan Tambahan

topmetro.news  Sebanyak 400 pelajar SDN 010086 Selawan dan 100 pelajar SDN 010099 Selawan mendapat makan tambahan dari Staf Ahli Bupati Asahan Elfina br Tarigan MKT, Senin (18/12/2023).

“Pemberian makan tambahan ini dalam bentuk kudapan yang aman dan bergizi, dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan. Gizi merupakan salah satu factor penentu keberhasilan tumbuh kembangnya anak secara optimal”, kata Kadis Ketahanan Pangan Ali Mughofar SSos MAP.

Lebih lanjut, Muqhofar mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memperbaiki asupan gizi, memperbaiki ketahanan fisik, meningkatkan kehadiran dan minat belajar, meningkatkan kesukaan akan makanan daerah yang bergizi, memperbaiki perilaku bersih dan sehat, kebiasaan makan sehat, meningkatkan partisipasi masyarakat, menambah pendapatan masyarakat melalui peningkatan penggunaan produksi setempat.

“Paket makanan tambahan yang diberikan nasi, lauk, sayur dan buah, aget ayam brokoli, susu, jus buah, bubur kacang hijau dan telur ayam rebus,” kata Muqhofar.

Bupati Asahan pada pidato tertulisnya yang dibacakan Elfina mengatakan gizi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tumbuh kembang anak yang optimal. Gizi yang cukup dan seimbang sangat perlu dalam periode emas untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Kekurangan gizi yang terjadi pada periode emas dapat menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya adalah masalah gagal tumbuh sehingga anak menjadi stunting,” kata Elfina.

“Data SSGI tahun 2022 menunjukkan bahwa prevalensi stunting di Asahan sebesar 15,3 % dan gizi kurang 10,6 %. Ini menunjukkan masalah kekurangan gizi dalam proses tumbuh kembang anak masih tinggi. Program ini menjadi salah satu upaya percepatan pencapaian dalam pembangunan nasional, terkait pengentasan masalah gizi pada anak,” kata Elfina.

Elfina mengimbau kepada seluruh guru untuk tidak bosan memberikan pengetahuan tentang pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak. Anak anak kami, gemarlah makan ikan, sayur dan juga buah serta tidak makan jajanan pasar. Karena jajanan pasar belum tentu sehat. Bawalah bekal dari rumah yang terjamin kesehatannya, agar anak anak menjadi sehat dan kuat.

penulis : EN

Related posts

Leave a Comment