Banjir Bandang di Pubatua Taput, Terjang Dusun Baru Desa Bonanidok, 7 Rumah Warga Rusak.

Banjir bandang menerjang perkampungan warga Dusun Huta Baru Lobuharambir, Desa Bonanidolok, Kecamatan Purbatua, Taput., Rabu (21/22/2023).

topmetro.news – Banjir bandang menerjang perkampungan warga Dusun Huta Baru Lobuharambir, Desa Bonanidolok, Kecamatan Purbatua, Taput, Kamis (21/22/2023).

Hujan lebat yang terjadi mulai Rabu (20/ 12 / 2023) sekitar pukul 17.00 WIB hingga Kamis (21/12/2023), mengakibatkan air dari atas perbukitan meluap serta membawa batu-batuan dan kayu yang tumbang menyerang perkampungan.

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Ernis Sitinjak SH SIK melalui Kasi Humas Ipda B Gultom SH mengungkapkan, dalam peristiwa itu tujuh unit rumah rusa dari 17 kepala keluarga di dusun itu.

Rumah rusak masing masing milik Dingin Sihombing, Ehwani Sitompul, Rudin Sitompul, Rukayah Sitompul, Lubuk Siregar, Sekber Silalahi dan Dorima Sitompul.

“Posisi perkampungan itu berada di bawah perbukitan. Sehingga saat hujan deras air datang dari atas bukit dan meluap ke kampung tersebut,” jelasnya.

Rabu malam kemarin, air sudah sempat surut dan warga sudah mulai tenang. Namun hujan deras dan berkepanjangan mulai Kamis pagi tadi air meluap kembali.

Akhirnya seluruh warga yang tinggal di dusun itu mengungsi ke kampung sebelah yang berjarak 500 meter.

Tidak ada Korban Jiwa

“Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Petugas kepolisian kita dari Polsek Pahae Jae, Koramil Pahae Jae serta dari Kantor Camat Purba Tua telah menyediakan dapur umum untuk para warga yang mengungsi sementara serta tinggal di rumah-rumah penduduk,” sebut Sitompul.

Ia menambahkan padca banjir bandang, alat berat PU Pemkab Taput saat ini masih di lokasi untuk membersihkan batu-batuan yang terbawa air. Namun aktifitas belum bisa maksimal karena cuaca masih hujan deras.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment