Hadiri Perayaan Natal Oikumene, Bupati Samosir Serahkan Bantuan Pendidikan

Pemkab Samosir menggelar Perayaan Natal Oikoumene 2023 di pelataran Gereja Katolik Inkulturatif Pangururan, Jumat (29/12/2023).

topmetro.news – Pemkab Samosir menggelar Perayaan Natal Oikoumene 2023 di pelataran Gereja Katolik Inkulturatif Pangururan, Jumat (29/12/2023.

Perayaan mengangkat tema, ‘Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi’. Subtema: Muliakan Allah dan wujudkan damai sejahtera dengan menyebarkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan demi membangun Kabupaten Samosir dan menyongsong Pesta Demokrasi 2024′.

Hadir Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Wakil Bupati Martua Sitanggang, Forkopimda, DPRD. Kemudian, FK3S, FKUB, pimpinan dan staf jajaran pemkab, dan dominasi lintas gereja. Selain koor dan liturgi dari denominasi gereja, Bupati Samosir dan Wabup bersama Forkopimda, pimpinan OPD, TNI/Polri juga ikut serta membacakan liturgi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati/Wakil Bupati Samosir bersama Forkopimda menyerahkan bantuan pendidikan tingkat SD, SMP negeri/swasta. Juga, SMP yatim piatu, SMA yatim piatu, SMA Unggul Del, dan Yasop. Kemudian mahasiswa perguruan tinggi yatim piatu, mahasiswa berprestasi perguruan tinggi negeri/swasta. Juga mahasiswa/i baru tahun 2023 dari beberapa jurusan dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Serta bantuan pendidikan mahasiswa lima klaster perguruan tinggi terbaik Indonesia.

“Natal bukan hanya milik kalangan tertentu. Melainkan harus dirasakan seluruh kalangan sama seperti saat ini. Kita merasakan Natal secara bersama, membacakan liturgi, bernyanyi dan berbagi damai di antara kita,” kata Vandiko mengawali sambutannya.

Bupati Samosir mengajak seluruh jajaran di Kabupaten Samosir dan masyarakat menjadikan Natal sebagai ajang merefleksikan diri. “Refleksikan diri untuk lebih baik, jangan formalitas saja. Mengisi suatu jabatan maupun pegawai hendaknya dapat meningkatkan kinerja. Fokus untuk kebaikan masyarakat, agar nama Tuhan semakin dipermuliakan damai sejahtera dapat dirasakan masyarakat,” kata Vandiko.

Menjelang situasi politik 2024, Bupati Samosir mengajak seluruh stakeholder di Kabupaten Samosir untuk ikut serta menyukseskan pesta demokrasi. Kembali ia ingatkan jajaran Pemkab Samosir untuk tidak terlibat dalam perpolitikan. Memiliki hak pilih bukan mengkampayekan pasangan calon.

Tak lupa, Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada Ketua PN Balige yang sudah hadir langsung untuk merayakan Natal. Ia berharap dapat bersinergi dengan baik demi penegakan hukum yang lebih baik.

Makna Sukacita

Sementara itu Martua Sitanggang menyampaikan, Natal bermakna sebagai sukacita besar yang membawa damai dan mengajarkan kasih. “Mari saling mengasihi. Yesus lahir membawa kasih. Mengucap syukurlah mulai dari hal yang paling sederhana. Ingat kebaikan Tuhan. Yesus lahir ke dunia bukan dari kemewahan,” ucap Martua.

Forkopimda melalui Ketua PN Balige Makmur Pakpahan mengatakan, kehadirannya dalam Perayaan Natal itu menunjukkan niat baik. Juga untuk memberikan harapan dan cita-cita masyarakat dalam penegakan hukum yang lebih baik.

Dalam menegakkan kebenaran takut akan Tuhan. Maka ia berharap Pemkab Samosir dapat berkolaborasi, komunikasi dan berintegrasi mewujudkan harapan masyarakat.

Ketua FK3S Pastor Masseo Sitepu mengucapkan terima kasih atas kebersamaan kehadiran masyarakat pada Perayaan Kelahiran Yesus. “Puji Tuhan. Acara berjalan dengan baik, lancar. Perayaan ini membawa kebahagiaan,” katanya.

Ketua Panitia Natal Oikoumene Kosmas Manik mengaku merasa terhormat menjadi bagian hari besar itu. Harapannya, untuk tahun depan dapat berkelanjutan sehingga bisa lebih baik dan meningkat.

Turut hadir, Pabung G Sebayang mewalili Dandim 0210/TU, Wakapolres Samosir T Panggabean, pimpinan dan staf OPD. Kemudian, anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak, Siska Ambarita. Kakan Kemenag Tawartua Simbolon, Kalapas Pangururan Jeremia Leonta.

Ada juga, Praeses Distrik VII Samosir Pdt Rein Justin Gultom, Ketua Muki Boas Pakpahan, Ketua FKUB JM Sinaga. Serta, pimpinan BUMN/D dan perwakilan dari denominasi gereja di Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment