PLN UIP3B Sumatera Bangun Kelurahan Sei Mati Melalui Program TJSL

PLN UIP3B Sumatera Bangun Kelurahan Sei Mati Melalui Program TJSL

topmetro.news – PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera melalui PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Sumbagut memberikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara, Sabtu (30/12/2023).

Program-program PLN UIP3B Sumatera itu merupakan bentuk kepedulian dalam mendukung peningkatan kapasitas masyarakat. Seperti hasilnya PLN membangun program desa berdaya di Kelurahan Sei Mati. Program yang berfokus pada tiga pilar yaitu sosial, lingkungan dan ekonomi.

Program desa berdaya mulai dengan audiensi PLN UIP3B Sumatera ke Kantor Kecamatan Medan Labuhan. Ini sebagai bentuk persiapan kegiatan dan komunikasi antara PLN dengan stakeholder. Selain itu PLN UIP3B Sumatera juga melakukan assessment kepada warga Kelurahan Sei Mati untuk melihat potensi apa yang dapat dikembangkan dan dapat mendorong pembangunan desa serta pembangunan Sumber Daya Masyarakat (SDM).

Fokus program hasil dari assessment PLN UIP3B Sumatera berfokus kepada isu sosial, di antaranya pembanguan depot air sebagai jawaban dari kesulitan air di kalangan masyarakat Kelurahan Sei Mati. Depot air dengan fasilitas PLN tersebut dapat terakses dengan mudah oleh seluruh kalangan warga setempat.

Untuk pilar ekonomi, PLN UIP3B Sumatera juga memberikan perhatian lewat Kelompok Tani Tambak Udang Sejatera. Yakni dengan memberikan dukungan lewat penyediaan perahu sebagai sarana dalam meningkatan hasil panen. Selama ini petani tambak udang harus menyewa perahu untuk melakukan pengangkatan hasil panen.

Aimanuddinil Bilad selaku Assistant Manager Operasi PLN UP2B Sumatera mengatakan, Program TJSL di Kelurahan Sei Mati adalah bentuk kepedulian PLN untuk meningkatkan sumberdaya masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan di lingkungan Kelurahan Sei Mati.

“Selain pemberian program, kami dari pihak PLN juga melakukan pendampingan dan pelatihan untuk Kelompok Tani Tambak Udang dan UMKM Baby Nila Crispy. Untuk peningkatakan SDM perlu pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dari masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Terima Kasih PLN

Selamat selaku Ketua Kelompok Tani Tambak Udang Sejahtera juga sangat berterimakasi kepada PLN yang sudah peduli kepada warga Kelurahan Sei Mati.

“Program bantuan pemberian perahu untuk kelompok tambak dan sekaligus pelatihan operasi dan perawatan juga memberikan dampak yang signifikan untuk kami petani tambak. Karena selama ini kami untuk melakukan panen harus mengeluarkan biaya sewa perahu. Dan itu kami ambil dari hasil panen udang tersebut. Setelah adanya perahu kami sudah bisa menghemat ongkos sewa perahu. Kemudian mengalokasikan untuk hal lain dalam hal peningkatan hasil panen,” tambahnya.

PLN UIP3B Sumatera juga memberikan pelatihan dalam pengolahan, pengemasan hingga pemasaran. Dengan harapanm UMKM Baby Nila Crispy dapat menampung bayi ikan-ikan nila buangan dari petani. Di mana awalnya hanya memiliki nilai yang sangat rendah menjadi bernilai ekonomis. Program yang hadir karena isu lingkungan yang akhirnya menjadi program ekonomi bernilai tinggi.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment