Baskami Harapkan Kelancaran dan Keamanan Distribusi Logistik Pemilu di Sumut

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting meminta KPU Sumut merampungkan distribusi logistik Pemilu yang akan berlangsung 14 Februari mendatang.

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting meminta KPU Sumut merampungkan distribusi logistik Pemilu yang akan berlangsung 14 Februari mendatang.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, perhelatan Pemilu yang akan terlaksana pada bulan depan, memerlukan sejumlah persiapan yang matang. Termasuk logistik.

Mengingat wilayah Sumatera Utara yang luas, perlu perhatian khusus terkait distribusi logistik agar tepat waktu.

“Di kawasan pantai barat, terutama Kepulauan Nias juga harus diperhatikan mengingat kondisi cuaca kita yang tidak menentu. Tentunya juga pengamanan yang kita butuhkan dari aparat,” katanya melalui rilis tertulis, Senin (8/1/2024).

Baskami juga meminta Bawaslu melakukan pengawasan dengan cermat terkait distribusi logistik Pemilu 2024 tersebut.

“Saya kira semakin jauh lokasi, maka akan berpengaruh dengan proses distribusi. Apalagi di Sumut berkaitan dengan daerah yang geografisnya kepulauan, pegunungan,” tambahnya.

Ia juga meminta lokasi penyimpanan logistik berada di tempat ideal dengan keamanan terjamin dan tidak ada kebocoran.

“Mari kita menjaga tahapan pemilu ini, dengan meningkatkan koordinasi antar lembaga. Mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta demokratis,” jelasnya.

Sesuai Tahapan

Sebelumnya, pasa Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama KPU dan Bawaslu, Pj Gubernur Sumut Hassanudin, memastikan persiapan tahapan Pemilu 2024 sudah sesuai tahapan.

“Bersama KPU, Bawaslu, Polda, Kodam I/BB dan DPRD, kita memperkuat sinergi dan memastikan tahapan Pemilu ini berjalan baik. Saat ini sedang tahap distribusi. Sama-sama kita lakukan agar proses ini tidak terkendala dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Pj Gubsu Hassanudin.

Di lain pihak, Ketua KPU Sumut Agus Arifin mengatakan tahapan distribusi logistik Pemilu akan berakhir pada 15 Januari. Pada tanggal tersebut, seluruh logistik Pemilu harus sampai ke tiap TPS di Sumut.

“Batas akhirnya 15 Januari semua harus sudah sampai ke masing-masing TPS di Sumut. Kita sangat berterima kasih kepada TNI dan Polri yang terus melakukan pengamanan selama proses ini,” kata Agus Arifin.

Sementara itu Ketua Bawaslu Aswin D Lubis mengatakan, selain proses distribusi logistik, pihaknya juga mengawasi perekrutan Petugas Pengawas TPS Pemilu.

“Ada kurang lebih 5 ribu TPS di Sumut. Jadi kebutuhan pengawas TPS sekitar 99 ribu. Kita sedang mengawasi itu dan juga memonitor pendistribusian logistik,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment