Kunjungi Posyandu Delima Tebingtinggi, Pj Ketua PKK Sumut Ajak Masyarakat Rutin Cek Kesehatan ke Posyandu

Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin mengunjungi Posyandu Delima 3 Jalan Danau Semayang Lingkungan VI, Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebingtinggi, Kamis (18/1/2024).

topmetro.news – Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin mengunjungi Posyandu Delima 3 Jalan Danau Semayang Lingkungan VI, Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebingtinggi, Kamis (18/1/2024).

Kunjungan tersebut merupakan salah satu program PKK dalam menyejahterakan keluarga, baik di sektor pangan dan kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Pj Ketua TP PKK Sumut mengajak seluruh masyarakat agar rajin ke posyandu untuk mendapatkan berbagai layanan kesehatan. Termasuk imunisasi kepada balita, cek kesehatan bagi bagi lansia, ibu menyusui, dan remaja.

“Bagi ibu-ibu yang punya balita, ibu hamil dan menyusui, lansia, dan remaja, rajinlah ke posyandu untuk menjaga kesehatan. Maka periksalah kesehatan rutin ya,” ujar Dessy Hassanudin kepada warga yang hadir.

Dessy Hassanudin yang didampingi Pj Walikota Tebingtinggi Syarmadani juga membagikan sejumlah bantuan untuk balita, lansia, remaja, ibu hamil dan menyusui. Bantuan berupa bahan makanan tambahan (BMT), payung, tempat minuman air, ikan segar dan sudah masak, bibit cabai, dan buku bacaan.

Menurut Dessy, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program kerja PKK dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Karena, keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti penting dalam proses pembangunan. Karena kondisi keluarga dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Tanam Cabai

Kemudian, Dessy dan rombongan juga melaksanakan gerakan menanam cabai dengan wadah ‘polybag’. Ia pun mengaku kagum dengan adanya gerakan menanam sayur di polybag, oleh kader-kader PKK Tebingtinggi. Kegiatan ini, menurutnya sangat positif. Apalagi wadahnya memanfaatkan bahan-bahan bekas.

“Ini sangat bagus ya. Jadi memanfaatkan limbah bekas sebagai wadah menanam kangkung, sekaligus memelihara ikan. Sangat kreatif,” ungkapnya.

Pj Walikota Tebingtinggi Syarmadani mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan dari Ketua TP PKK Sumut. Bantuan tersebut sebagai salah satu upaya menurunkan prevalensi stunting dan menyejahterakan masyarakat.

“Untuk persoalan stunting butuh program yang sejalan. Hanya saja untuk stunting ini kan spesifik pada anak yang mengalami masalah kesehatan. Biasanya masalah stunting berkaitan dengan kelompok kemiskinan esktrem,” ujarnya.

Untuk mengatasi hal itu, Pemko Tebingtinggi mengupayakan secara menyeluruh dari berbagai sektor. Baik dari kesehatan dengan melakukan peningkatan gizi, perbaikan sanitasi, peningkatan sarana dan prasarana jalan. Serta menggerakkan sektor-sektor yang berhubungan dengan masyarakat.

“Seperti bapak asuh stunting. Termasuk apa pun yang bisa dilakukan. Misalnya mengumpulkan sampah kardus, plastik, logam yang berasal dari toko, rumah makan, kantor-kantor, kita jual. Uangnya kita sumbangkan untuk anak penderita stunting,” katanya.

Syarmadani mengatakan, semua itu melibatkan masyarakat, mulai dari kader PKK, posyandu, termasuk dari lingkungan keagamaan, melalui pendekatan masing-masing agama ke masyarakat.

Turut hadir Kadis Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, Plt Kadis Kesehatan Tebingtinggi Henny, Kadis Pertanian dan Ketapang Tebingtinggi Maribun Marpaung, beserta seluruh kader PKK.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment