Hari Terakhir Musrenbang RKPD Samosir 2025 di Kecamatan Simanindo, Harian, Nainggolan, dan Sianjur Mulamula

Hari terakhir Musrenbang RKPD Samosir Tahun 2025 untuk tingkat kecamatan, berlangsung dii Simanindo, Nainggolan, Harian, dan Sianjur Mulamula, Jumat (26/1/2024).

topmetro.news – Hari terakhir Musrenbang RKPD Samosir Tahun 2025 untuk tingkat kecamatan, berlangsung di Simanindo, Nainggolan, Harian, dan Sianjur Mulamula, Jumat (26/1/2024).

Di Kecamatan Simanindo, Musrenbang RKPD 2025 berlangsung di Aula Hotel Thyesza, Desa Unjur, dengan menyampaikan sebanyak 368 usulan kegiatan.

Musrenbang dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir diwakili Asisten I Drs. Tunggul Sinaga. Turut hadir sejumlah anggota DPRD Dapil II Parluhutan Samosir, Haposan Sidauruk, Juliman Hutabalian, Wisnu Sidabutar. Juga para pimpinan OPD, Camat Simanindo, unsur Forkopimca, kepala desa, BPD, kepala sekolah, kepala puskesmas se-Kecamatan Simanindo.

Dalam laporannya, Camat Simanindo Hans R Sidabutar menyampaikan bahwa usulan dan komitmen bersama sesuai dengan kebutuhan desa sebagaimana RPJMDes.

“Ada sebanyak 368 usulan kegiatan yang akan kami sampaikan dari 20 desa dan 1 kelurahan. Di mana segala usulan telah disandingkan dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Tahun 2021-2026,” jelasnya.

Asisten I Drs Tunggul Sinaga mengatakan bahwa musrenbang kecamatan memberikan acuan penyusunan suatu perencanaan yang komprehensif mulai dari tingkat pusat hingga desa.

“Saya sangat mengapresiasi kehadiran kita semua di tempat ini, untuk bersama-sama mengawal sebuah perencanaan yang baik,” kata Tunggul.

Tunggul Sinaga juga menjelaskan, bahwa seluruh usulan program kegiatan pembangunan harus melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah Republik Indonesia (SIPD RI).

Seluruh proses pengusulan program kegiatan harus sesuai dengan aturan dan waktu yang telah ditentukan dan dilengkapi dengan dokumen pendukung. Terutama usulan pembangunan infrastruktur lengkap dukungan kesediaan lahan dengan bukti adanya surat pembebasan lahan dari pemilik tanah. Ataupun melengkapi dokumen kelompok penerima untuk usulan bantuan peralatan. Sehingga tidak bermasalah di kemudian hari.

Pemilu 2024

Terkait Pemilu 2024, Tunggul minta seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban. “Sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik. Dan menghasilkan pemimpin bangsa dan wakil rakyat yang mampu mensejahterakan masyarakat dan Bangsa Indonesia,” katanya.

Kepala Bappeda Litbang melalui Kabid Perekonomian Rikardo Simbolon menyampaikan, bahwa musrenbang kecamatan adalah untuk menampung segala usulan-usulan pembangunan.

Rikardo mengatakan tema RKPD Kabupaten Samosir 2025 adalah ‘Penguatan Pondasi Transformasi Pembangunan’. Maka di dalam RKPD 2025, ada empat skala prioritas pembangunan. Yakni, peningkatan SDM yang berkualitas, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan infrastruktur, dan peningkatan tata kelola pemerintahan.

Musrenbang Kecamatan Simanindo berlanjut dengan tanya jawab untuk memberikan saran dan masukan terhadap program usulan. Kemudian berakhir dengan penyerahan berita acara hasil keputusan musrenbang oleh Camat Simanindo kepada Kabid Perekonomian Bappeda .

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment