Sediakan 5 Booth, Imigrasi Belawan Layani 200 Permohonan Penerbitan Paspor di Layanan Paspor Simpatik HBI ke-74 di Polmed

topmetro.news – Pelaksanaan Layanan Paspor Simpatik yang digelar Divisi Keimigrasian Kemenkumham Kanwil Sumatera Utara dan jajaran Kanim Kelas I Khusus TPI Medan Kanim Kelas I TPI Polonia, Kanim Kelas II TPI Belawan, dan Kanim Kelas II TPI Pematang Siantar di Politeknik Negeri Medan.

Mendapat apresiasi dari sejumlah warga yang melakukan pengurusan paspor, Dari 740 pemohon yang mendaftar. Bella, salah satu pemohon yang beruntung mendapat kuota mengaku sangat terbantu dengan Layanan Paspor Simpatik yang digelar dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-74 itu.

“Kita (masyarakat, red) sangat senang dan terbantu dengan layanan ini. Karena dilakukan pada hari libur Petugasnya pun sangat ramah melayani kita.

Mudah-mudahan, pelayanan seperti ini bisa sering dilakukan,” ungkap wanita yang mengaku akan berlibur ke Thailand itu saat ditemui di booth pelayanan Kanim Kelas II TPI Belawan, Sabtu (27/1/2024).

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan, Ridha Sah Putra melalui Kasi Tikim, Ardian P Putro menyebutkan Imigrasi Belawan menyediakan 5 booth dalam pelayanan Paspor Simpatik dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di Politeknik Negeri Medan.

“Sesuai arahan pimpinan kita menyediakan 5 booth, dan melayani 200 permohonan dari kuota sebanyak 740 permohonan,” ungkap Ardian.

Dalam pelayanan tersebut katanya, ada beberapa pemohon yang ditolak permohonan penerbitan paspornya. Hal itu dikarenakan adanya perbedaan data yang diajukan.

“Pada Layanan Paspor Simpatik dalam rangka HBI ke-74 ini, khusus untuk pengajuan paspor baru dan pergantian karena habis masa berlaku.

Tadi ada beberapa yang ditolak karena adanya perbedaan data dan tidak membawa data yang asli,” ungkap Ardian.

Padahal, Ardian mengaku pihaknya telah mensosialisasikan bahwa masyarakat yang hendak mengurus paspor harus membawa data asli.

“Kita sudah sosialisasikan, baik melalui media sosial maupun media massa. Tapi masih ada masyarakat yang tidak membawa datanya,” paparnya. Seraya mengaku pihaknya juga melayani upgrade paspor, dari paspor biasa ke paspor elektronik.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment