KLHS Pastikan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan di Langkat

topmetro.news – Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Sosial dan Kemasyarakatan H Sujarno SSos MSi.

sebagai Pembina Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat bertempat di Halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (29/1/2024).

Dalam pidato tertulis Pidato tertulis Plt Bupati Langkat H Sujarno SSos M.Si selaku Pembina Apel mengatakan bahwa sehubungan dengan akan habisnya periode dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah RPJMD Kabupaten Langkat tahun 2019-2024.

Pada tahun 2024 disusun kajian lingkungan hidup strategi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kabupaten Langkat yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan RPJMD 2024-2029, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) merupakan pedoman untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi terintegrasi pembangunan wilayah kebijakan rencana dan atau program.

“Dengan kata lain, hasil KLHS harus dijadikan sebagai kebijakan rencana atau program pembangunan dalam wilayah. Terbitnya Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Terdapat perubahan nomenklatur perizinan sesuai izin lingkungan ketentuan kelayakan lingkungan dan transformasi, Komisi Pemilihan AMDAL menjadi Tim Uji Kelayakan,” urainya.

Karena, tambahnya selaku aparat pemerintah kita dituntut menjadi teladan kepada masyarakat dengan selalu menginformasikan kepada warga.

Lingkungan kita yang berdekatan dengan kegiatan pabrik industri maupun kegiatan industri lainnya untuk tetap memperhatikan lingkungan dalam menjalankan usahanya.

“Kami juga menghimbau kepada saudara-saudara peserta apel sekalian, apabila di daerah tempat tinggal saudara terdapat indikasi adanya pencemaran lingkungan.

kiranya Bapak/Ibu sekalian dapat segera menginformasikannya kepada dinas terkait. Sebab, bilamana suatu permasalahan dapat cepat kita tangani, maka bumi tercinta ini dapat kita jaga kelestariannya,” ujarnya.

Pada kesempatan apel ini, Plt Bupati Syah Afandin melalui Sujarno mengucapkan selamat Purnabakti kepada Kadis Kominfo H.Syahmadi.

Telah memasuki masa pensiun pada bulan ini dan menjadi apel terakhir sudah mengabdikan dirinya di Pemerintah Kabupaten Langkat.

Penulis : Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment