Musrenbang RKPD 2025 Kecamatan Balige dan Tampahan, Bupati Toba : “Prioritaskan Pembangunan Pariwisata Toba”

topmetro.news – Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus menyebutkan dari semua usulan pada Musyawarah Rencana Pembangun (Musrenbang).

Akan dibuat mana yang paling prioritas dan diselaraskan dengan arah kebijakan pembangunan tingkat Kabupaten Toba.

Prioritas saat ini adalah bidang Pariwisata, Pertanian dan Pendidikan.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus dalam arahannya saat mengikuti Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025 di dua tempat, yakni Kecamatan Balige dan Tampahan, Rabu (31/1/2024).

Dimulai pada Musrenbang Kecamatan Balige di Serbaguna HKBP Balige.

Bupati Poltak Sitorus mengatakan tujuan Musrenbang dilaksanakan agar rencana pembangunan selaras dengan program pusat, provinsi dan kabupaten.

“Pembangunan tahun 2023 sudah banyak, tapi masih banyak juga yang kurang untuk diperbaiki kemudian.

Pature torus ,Torus Pature, (perbaiki terus menerus, red) dan infrastruktur akan terus kita perbaiki,” katanya.

Diteruskan Poltak, kendatipun di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid -19, selama dua tahun sebelumnya, dia katakan bahwa belakangan ini, Pemkab Toba masih dapat meraih sejumlah pencapaian.

Dia sebutkan antara lainnya, prestasi terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Toba, mencapai di angka 76, 38%, di atas IPM Provinsi Sumatera Utara, yakni 75,13,% dan tingkat kemiskinan dari 8,99%, turun menjadi 8,04%.

Lanjut Poltak, terkait pelaksanaan even F1H2O, yakni 23- 25 Februari 2024 mendatang,

Poltak juga tak luput mensosialisasikan hari pelaksanaannya dan mengajak seluruh peserta Musrenbang untuk ikut serta datang dan melihat.

dan juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat dan sanak saudara untuk menyaksikan even berkelas dunia tersebut yang digelar di kota Balige.

Sekaligus agar masyarakat Toba yang terlibat sebagai pelaku UMKM untuk ikut memasarkan dagangannya baik jenis kuliner maupun ekonomi kreatif.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Toba Poltak Sitorus pada acara berikutnya, Musrenbang yang terlaksana di Aula Kantor Camat Tampahan.

Bagi petani di Tampahan akan diberikan bantuan bibit kopi mengingat daerah ini terkenal salah satu penghasil kopi.

Secara khusus Poltak juga berpesan agar kopi tersebut dapat disajikan untuk dinikmati wisatawan dengan mendirikan coffee shop, saat pelaksanaan even F1 Powerboat tersebut.

Turut hadir dalam 2 Musrenbang kecamatan tersebut, yakni anggota DPRD Kabupaten Toba, St. Sabaruddin Tambunan dan Boy Antoni Simangunsong.

Selain itu, juga dihadiri unsur Muspika setempat, pimpinan atau perwakilan OPD, BKAG kecamatan, dan undangan tokoh masyarakat.

Penulis: Guntur.

Related posts

Leave a Comment