Pemkab Samosir Lanjutkan Penataan Lahan Pertanian di Kenegerian Sihotang

Upaya percepatan pemulihan lahan pertanian terus dilakukan PemKAB Samosir di Kenegerian Sihotang pasca-banjir bandang beberapa waktu lalu.

topmetro.news – Upaya percepatan pemulihan lahan pertanian terus dilakukan Pemkab Samosir di Kenegerian Sihotang pasca-banjir bandang beberapa waktu lalu.

Pemkab Samosir mengerahkan alat berat Dinas PUTR untuk melakukan penataan lahan pertanian di Desa Siparmahan dan Desa Sappur Toba.

Bupati Samosir diwakili SAB Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan SDM Rudi SM Siahaan, Kamis (1/2/2024), memantau langsung pekerjaan penataan lahan pertanian tersebut untuk memastikan pengerjaan berjalan baik dan lancar.

Satu unit alat berat sudah dikerahkan ke Desa Sappur Toba menunggu dua alat berat lainnya menyelesaikan penataan lahan di Desa Siparmahan.

Penataan lahan pertanian di Desa Siparmahan pasca-bencanaberlangsung pada lahan persawahan seluas 45 ha, jagung 5 ha, kopi 5 ha. Untuk Desa Sappur Toba seluas 40 ha lahan persawahan, jagung 3 ha dan lahan kopi 2 ha. Dolok Raja seluas 5 ha persawahan, jagung 2 ha, kopi 2 ha.

Untuk percepatan penataan lahan pertanian, Rudi SM Siahaan bersama Kades Sappur Toba Boleuson Sihotang dan Dinas Pertanian mengimbau pemilik lahan untuk hadir selama alat berat melakukan pembersihan material dari lahan pertanian. Hal ini untuk mengantisipasi kesalahpahaman di antara pemilik lahan.

“Lahan persawahan yang dibersihkan terdiri dari petakan kecil. Banyak pemilik lahan yang meminta agar petakan-petakan disatukan. Oleh karena itu pemilik lahan diimbau agar hadir pada saat alat berat melakukan pembersihan. Ini juga untuk mempercepat progres,” kata Rudi saat melakukan evakuasi dan monitoring.

Selain memastikan penataan lahan persawahan, Rudi SM Siahaan juga memastikan penataan pekarangan lokasi SMPN 2 Harian Desa Siparmahan berjalan dengan baik. Penimbunan penataan halaman sekolah SMPN 2 Harian sedang berlangsung menggunakan alat berat dinas PU dan ‘dumptruck’ yang dikerahkan untuk mempercepat progres penataan.

Kepala SMPN 2 Harian Eybarda Simbolon menyebutkan aktifitas belajar mengajar di SMPN 2 Harian hingga saat ini berjalan normal.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment