Bupati Asahan Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025

topmetro.news – Kepada seluruh perangkat daerah diharapkan memperdomani 10 program prioritas dengan kegiatan strategis yang tertera dalam guna mewujudkan visi misi Pemkab Asahan.

Demikian dikatakan Bupati Asahan H Surya BSc saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2025 di Aula Melati, Jumat (23/2/2024).

Bupati mengatakan beberapa capaian program prioritas telah direlisasikan, tetapi OPD diharapkan untuk dapat lebih memperhatikan target dan capaian yang diselesaikan tahun 2025.

Diantaranya digitalisasi birokrasi, SDM tangguh, ekonomi mandiri, asahan sehat, asahan cerdas, infrastruktur kuat, asahan religius, lingkungan berbasis partisifatif, asahan go wisata.

Bupati meminta kepada kepala OPD untuk konsisten dalam mempedomani program prioritas yang ditetapkan dalam RPJMD tahun 2021-2026. Bupati meminta Camat untuk meningkatkan kondusifitas sebagai modal dasar untuk melaksanakan pembangunan.

“Kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provsu diharapkan bantuannya untuk mewujudkan pembangunan”, kata Bupati.

Kadis Kesehatan Provsu dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes memberikan apresiasi kepada pihak yang telah mendukung berjalannya kegiatan ini.

Musrenbang ini dilaksanakan dalam mewujudkan azas perencanaan pembangunan daerah yang beriorentasi pada proses dengan pendekatan partisipatif top down dan botton up.

Alwi menekankan 5 hal yakni stakholder harus memperhatikan target terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi seperti RPJMN, RPD Provinsi dan RPJMD.

Memperhatikan hasil evaluasi RKPD Asahan, untuk melihat capaian pembangunan yang telah tercapai dan yang belum tercapai.

Mempertimbangkan program strategis baik di tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten, memperhatikan kondisi real di daerah mulai dari permasalahan hingga isu isu strategis.

Alwi mengatakan ada beberapa catatan penting antara lain, memastikan arahan Presiden RI dilaksanakan melalui arah pembangunan, pengendalian inflasi,

penurunan angka kemiskinan ekstrim, penanganan stunting, peningkatan iklim investasi, penggunaan produk dalam negeri, menjamin stabilitas politik dan keamanan.

Penulis : EN. 

Related posts

Leave a Comment