Pengurus Pusat Perwatusi 2024-2027 Dikukuhkan, Ketum Ingin Masyarakat Indonesia Punya Tulang Kuat

Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) III mengukuhkan kepengurusan periode 2024-2027. K

topmetro.news – Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) III mengukuhkan kepengurusan periode 2024-2027. Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Perwatusi Anita A Hutagalung pun menyatakan keinginannya agar masyarakat Indonesia punya tulang kuat.

Anita menjadi Ketum Perwatusi untuk tiga periode berturut-turut. Di masa kepemimpinan kali ini, ia menekankan akan melanjutkan semua program yang sudah baik, salah satunya menyosialisasikan bahaya osteoporosis.

“Tentu kita melanjutkan program yang sudah baik. Kita sudah paparkan sosialisasi osteoporosis,” katanya kepada wartawan di sela-sela Munas Perwatusi, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Dalam menyoalisasikan bahaya osteoporosis, tambahnya, Perwatusi bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI), dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi).

“Perosi terdiri dari pakar-pakar. Kita akan bekerja sama untuk menyosialisasikan, meningkatkan awareness masyarakat juga tentang penyakit osteoporosis. Yang penting banget adalah osteoporosis ini adalah akibatnya patah tulang yang terjelek. Itu yang kita sosialisasikan supaya patah tulang ini tidak terjadi,” ujarnya.

Ia menekankan, sosialisasi yang dilakukan Perwatusi tidak hanya kepada orang tua, melainkan juga kepada generasi muda. “Jadi kita sampai ke sekolah, kita mendampingi masyarakat bagaimana supaya mengerti mengenai osteoporosis,” ucapnya.

Osteoporosis

Selain melakukan sosialisasi, tambahnya, Perwatusi juga terus mengajak masyarakat untuk melakukan senam pencegahan osteoporosis. “Senam kita ada senam pencegahan, senam osteoporosis untuk lansia, senam osteodance untuk kaula muda. Osteodance kita masuk ke sekolah-sekolah, guru-guru kita sosialisasikan juga,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Hayono Isman. Hayono mengatakan, berdasarkan riset, anak umur 10 sampai 16 dapat dikatakan bugar.

“Tapi saat umur 18-26 itu tidak bugar, sehat belum tentu bugar. Bugar itu menurun di usia-usia itu,” ujar Hayono.

Menurutnya, kebiasaan pemuda yang malas berolahraga dan pola hidup tidak sehat menjadi penyebab utama kebugaran masyarakat Indonesia terus menurun. Karena itu, lanjut Hayono, KORMI siap bekerja sama dengan Perwatusi untuk menyosialisasikan pentingnya bergerak atau berolahraga.

“Jangan sampai tidak bergerak, karena bergerak itu penting. Kita siap bekerja sama dengan Perwatusi,” ucapnya.

Susunan Pengurus

Ada pun susunan Dewan Pengurus Pusat Perwatusi terdiri dari Pelindung: Hj Wury Ma’ruf Amin dan Hj Mufidah Jusuf Kalla.

Ketua Umum Anita A Hutagalung. Wakil Ketum I (Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Pelayanan) Dr Ade Jeanne DL Tobing SpKo, Wakil Ketum II (Bidang Hukum dan Pengembangan Organisasi) Tabrani Abby SH MHum, Wakil Ketum III (Bidang Hubungan Internasional) Dr Siti Nurazizah SH MHum, Wakil Ketum IV (Bidang Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga) Otto Nasri SE LUTCF AWM.

Sekretaris Umum Dr Ida Ayu Astuti MBA dan Wakil Sekretaris Umum Ir Silvana Retno Hersahara. Bendahara Umum Agustina Hendro dan Wakil Bendahara Umum Rachmawati.

Ketua Bidang Pendidikan Pelatihan dan Pelayanan Dr dr Fiastuti Witjaksono MS MKM SpGK-KI. Anggota, Dr Endang Murdiyati, Dr Angelica Anggunadi SpKO, IFR Citara Siahaan, Purnamawati MR,drg Elly Rosiani, Dewi Kurnianingrum, Sri Rejeki, Mila Cobat, Njo Je Niang (Yenny Maria), Ediningsih, Indra Suhardiman, Endang Wihartanti, Sartini, dan Retno Sunarto SG.

Ketua Bidang Hukum dan Pengembangan Organisasi R Wahyu Handoko SSos MM. Anggota, Dr Muttiah Rochelle Soeatmaji SpOT, Dr Halik Malik, Dra Rahayu Rihastuti, Made Dwi Mas Utami, Siti Rahmany BKR, Sjamsun Nahar SH, Dra Nelly Z Topobroto, Danimar Ibrahim, dan Rifcal Dwi Juniarto.

Ketua Bidang Hubungan Internasional Iftida Yasar SH. Anggota Dr Tatiana M Rotikan SpKO.

Ketua Bidang Humas dan Hubungan Antarlembaga Iesye Shahli Latif. Anggota, Febrinaldo M, Dewie Triastusti, Theodorus Dar Edi Yoga Hartantoro, Ir Ratna Diah Kurniati MSi, dan Lathfia Ameera Nasri.

Ketua Bidang Usaha dan Dana Dr Yuni Ismail. Anggota, Ezki Tri Rezeki Widianti, Rachma Arsyad, Sri Endang Budianingsih, dan Linda J Rheins.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment