Update…! Harga Cabai dan Bawang Merah Mulai Turun di Medan

Memasuki pekan ketiga Ramadhan 1445 Hijriah/2024, sejumlah harga komoditas, baik cabai merah dan bawang merah kompak turun

topmetro.news – Memasuki pekan ketiga Ramadhan 1445 Hijriah/2024, sejumlah harga komoditas, baik cabai merah dan bawang merah kompak turun. Harga cabai merah tiga hari sebelumnya berada di harga Rp44.000 per kg dan bawang merah menyentuh Rp30.000-Rp35.000 per kg.

Di Pasar Induk Medan Tuntungan, Jumat (29/3/2024), cabai merah dijual Rp35.000 per kg dan untuk harga bawang merah ada di harga Rp24.000-Rp27.000 per kg. Sedangkan komoditas lainnya seperti bawang putih masih sama di harga Rp33.000-Rp35.000 per kg. Tomat Rp10.000-Rp12.000 per kg.

Sementara itu harga gula pasir, minyak goreng, dan daging sapi masih cukup stabil dibandingkan dengan pekan kedua Ramadhan sebelumnya.

“Ini turun harga cabai dan bawang merah. Kemarin masih mahal. Harga ayam pun turun juga sudah di harga Rp31.000 per kg,” ujar Wiwin salah satu pembeli di Pasar Induk Medan, Jumat (29/3/2024).

Mengutip data Disperindag Sumut dari laman media sosialnya, untuk harga komoditas cabai merah dan cabai rawit mengalami penurunan harga masing-masing sebesar 3,2% dan 3,6% jika dibandingkan dengan harga kemarin.

Kondisi penurunan harga ini sudah terjadi di pekan lalu. Begitu juga untuk harga ayam potong mengalami penurunan harga. Hal ini lantaran terjadi penurunan permintaan di pekan ketiga Ramadhan.

Dari amatan Ketua Tim Pemantau Pangan Sumut Gunawan Benjamin khususnya untuk Bulan Ramadhan, di pekan ketiga ini ‘demand’ atau permintaan memang lebih sedikit daripada permintaan pada pekan Ramadhan sebelumnya.

“Tetapi ini hanya sebentar. ‘Demand’ akan naik lagi di pekan keempat Ramadhan nantinya,” imbuh Gunawan.

Inflasi

Ia menambahkan, adanya penurunan sejumlah harga kebutuhan pokok pekan ini daripada pekan sebelumnya di Bulan Maret. Namun secara keseluruhan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat di bulan ini mengalami kenaikan. Maka, Sumut berpeluang membukukan laju tekanan inflasi.

“Secara keseluruhan laju tekanan inflasi di Bulan maret diproyeksikan akan berada di atas 0.32%,” ujarnya.

Di mana kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada komoditas bawang merah yang naik 13.86%. Kemudian daging ayam yang rata-rata naik 9.45%, bawang putih naik 6.43%, minyak goreng dan gula pasir yang naik 5.57%. Harga daging sapi naik sekitar 1.5%.

Sementara itu, sejumlah harga yang mengalami penurunan adalah cabai merah, cabai rawit dan beras.

“Capaian laju tekanan inflasi di Sumut ini menggambarkan bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat masih tinggi. Harga cabai memang belakangan ini mengalami penurunan. Namun yang menjadi persoalan adalah bahwa sekalipun rata-rata di bulan ini lebih rendah, namun yang menjadi persoalan adalah bahwa di Bulan Maret harga cabai sempat menyentuh Ro100.000 per kg nya,” pungkasnya.

reporter | Firman

Related posts

Leave a Comment