Anggota Dewan ‘Mangkir’ di Sidang Paripurna DPRD Sumut HUT ke-76 Pemprovsu

Sidang Paripurna DPRD Sumut pada Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprovsu ke-76 yang dipimpin Pimpinan Sidang Harun Mustafa Nasution, Rabu (17/4/2024), sejumlah wakil rakyat ''mangkir'.

topmetro.news – Sidang Paripurna DPRD Sumut pada Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprovsu ke-76 yang dipimpin Pimpinan Sidang Harun Mustafa Nasution, Rabu (17/4/2024), sejumlah wakil rakyat ”mangkir’.

Pada sidang paripurna itu, Harun Mustafa Nasution menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi Pemprovsu yang ke-76. Ia berharap, semoga Provinsi Sumatera Utara (Sumut) lebih hebat dan lebih baik.

“Terlebih lagi masih dalam Perayaan Idul Fitri 1445 H,” ujar Mustafa saat membuka sidang paripurna.

Sementara Pj Gubernur Dr Hassanudin di pidato HUT Pemprovsu itu mengatakan, Pemprov Sumut mengapresiasi masyarakat Sumatera Utara yang telah berkolaborasi dan berkontribusi dalam menyukseskan pembangunan. Banyak kemajuan-kemajuan yang tercapai selama 76 tahun usia Sumut.

“Saya sampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh masyarakat Sumut, atas peran serta dan dedikasinya dalam pembangunan daerah ini. Perayaan ulang tahun ini merupakan momen yang tepat untuk merayakan pencapaian kita bersama. Mengenang sejarah panjang dan warisan budaya kita yang kaya,” kata Hassanudin.

Pencapaian

Dalam paparannya, ia juga menyampaikan beberapa kemajuan di bidang pembangunan ekonomi dan sumber daya mausia (SDM) Sumut. Di bidang pembangunan ekonomi, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita atas dasar harga berlaku Sumut telah mencapai Rp63 juta per tahun.

Sementara penyumbang terbesar pertumbuhan perekonomian Sumut yakni pertanian. Salah satu komoditas terbesarnya yakni kelapa sawit, yang produksinya merupakan terbesar kedua di Indonesia.

Selain itu, secara khusus, Pemprov Sumut juga telah meraih berbagai pencapaian selama ini. Sepanjang tahun 2023 saja, Pemprov berhasil meraih 22 penghargaan dari pemerintah pusat maupun lembaga swasta.

“Salah satu yang paling signifikan kita rasakan adalah pemprov telah berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebanyak sembilan kali berturut-turut atas laporan keuangannya. Tahun ini kita harap bisa 10 kali. Demikian juga di bidang UMKM, Pemprovsu sudah berhasil dalam pencapaiannya di sektor koperasi. Dan sangat dirasakan oleh masyarakat sekarang ini,” ucapnya.

Hassanudin juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan PON yang akan terselenggara di Sumut pada tahun ini. Sumut akan menggelar pertandingan untuk 34 cabang olahraga. “Dan upacara seremonial penutupan PON,” ucap Pj Gubsu di akhir pidatonya.

Penghargaan

Usai memberikan kata sambutan, Pj Gubsu Hassanudin memberikan penghargaan kepada mantan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi. Juga kepada mantan Sekdaprovsu Muhyan Tambuse, Dr RE Nainggolan, Nurdin Lubis, dan Hasban Ritonga. Serta sejumlah anggota dan mantan pimpinan DPRD Sumut.

Pada paripurna itu, hadir sejumlah konsul negara sahabat, pimpinan partai politik, sekda, dan pimpinan OPD se-Sumut. Ada juga mantan Gubsu, sekda, bupati/walikota, ketua dan anggota DPRD, serta tokoh masyarakat

Dewan Mangkir

Pantauan topmetro.news di Ruang Paripurna DPRD Sumut, terlihat dari 100 anggota DPRD Sumut yang hadir hanya 28 orang saja. Terlihat kursi ‘singgasana’ dewan kosong melompong.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment