Rapat Paripurna, DPRD Langkat Berikan Rekomendasi Atas LKPj Bupati

Berdasarkan hasil rapat paripurna, Rabu (17/4/2024), DPRD Langkat menerbitkan Surat Keputusan tentang Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Langkat Tahun 2023.

topmetro.news – Berdasarkan hasil rapat paripurna, Rabu (17/4/2024), DPRD Langkat menerbitkan Surat Keputusan tentang Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) Bupati Langkat Tahun 2023.

Rekomendasi ini berupa catatan strategis yang merupakan saran, masukan, dan koreksi yang harus menjadi perhatian dan pertimbangan bagi Pemkab Langkat ke depannya dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPj Edi Bahagia membacakan hasil rekomendasi dari komisi-komisi DPRD, rekomendasi dari fraksi-fraksi dan rekomendasi pansus terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Langkat.

Rekomendasi berupa catatan strategis itu di antaranya seperti meminta Pemkab Langkat terus menurunkan prevalensi angka stunting. Selain itu pengelolaan sampah yang berkelanjutan dapat terlaksana. Sehingga sampah dapat dikelola dengan baik dan menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Pansus juga meminta dinas terkait dapat menertibkan bangunan/kios yang tidak berizin pada areal museum. Juga agar menertibkan pedagang yang berjualan bukan pada tempatnya, seperti trotoar atau di atas saluran parit dan jembatan.

Untuk pertumbuhan investasi, DPRD meminta pemerintah daerah membuat langkah-langkah strategis untuk menarik minat investor baik lokal maupun asing, agar mau menanamkan investasinya di Kabupaten Langkat.

Dalam rekomendasi yang dibacakan ketua pansus itu, ada 39 SKPD yang diberikan rekomendasi terdiri dari dinas, badan, kantor, bagian, dan camat.

Ketua DPRD Langkat Sribana Peranginangin yang memimpin rapat tersebut mengharapkan agar rekomendasi yang telah diberikan dapat ditindak lanjuti, agar penyelenggaraan pemerintahan Langkat ke depannya dapat lebih baik lagi.

Menanggapi rekomendasi yang diberikan, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy mengucapkan terima kasih kepada pansus, fraksi-fraksi, dan komisi-komisi DPRD yang telah memberikan pandangan, tanggapan dan masukan terhadap kinerja pemerintah daerah dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan.

Faisal Hasrimy menyatakan akan memperkuat komitmen pembangunan melalui pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024 dan penyiapan rencana kerja pemerintah daerah yang semakin partisipatif dan adaptif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Di kesempatan itu, Pj Bupati berharap kiranya kemitraan yang sudah tercipta sedemikian baik antara pemerintah daerah dengan DPRD Langkat dapat terus terjaga, terbina dan bahkan lebih ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut pimpinan dan anggota DPRD Langkat, perwakilan unsur Forkopimda, sekda, para kepala SKPD dan undangan lainnya.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment