Rusak Lingkungan Hutan, Masyarakat Adat Desak Pemerintah Tutup PT TPL

Masyarakat adat se-Kawasan Danau Toba yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Rakyat Tutup PT Toba Pulp Lestari mendesak pemerintah menghentikan operasional PT TPL. Mereka juga mendesak penutupan PT TPL segera, karena merusak lingkungan hutan.

topmetro.news – Masyarakat adat se-Kawasan Danau Toba yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Rakyat Tutup PT Toba Pulp Lestari mendesak pemerintah menghentikan operasional PT TPL. Mereka juga mendesak penutupan PT TPL segera, karena merusak lingkungan hutan.

Seruan ini mereka sampaikan saat berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Sumatera Utara (Sumut) Jalan Imam Bonjol, Kamis (18/5/2024).

Tampak masa aksi membentangkan spanduk bertuliskan, ‘Selamatkan Bumi dari Krisis Iklim’. Sebanyak 36 komunitas adat bergabung menyerukan penutupan PT TPL ini.

Ketua Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL Anggiat Sinaga, dalam orasinya menyampaikan, masyarakat adat di Tanah Batak telah turun-temurun hidup dan memegang teguh nilai-nilai dan aturan adat.

“Mereka menjaga tanah adat mereka dengan asas lingkungan dengan bijaksana. Kehidupannya sangat tergantung dengan alam. Pada situasi krisis iklim saat ini, mereka telah terbukti sebagai pelindung alam,” kata Anggiat.

Bumi Rusak

Menurut Anggiat, masyarakat adat seharusnya mendapat dukungan atas upaya untuk perlindungan Bumi yang semakin hari semakin terpuruk. Namun dalam perjuangannya, masyarakat malah berhadapan dengan situasi serius. Di mana tanah adat sebagai identitas budaya telah dirampas secara paksa oleh perusahaan-perusahaan besar.

“Seperti PT Toba Pulp Lestari. Atas pemberian izin dari pemerintah yang tidak pernah melibatkan masyarakat adat sebagai pemangku wilayah adat. Sehingga masyarakat adat mengalami diskriminasi, kriminalisasi, dan terputusnya akses mereka terhadap wilayah adat sebagai ruang hidup mereka,” ungkapnya.

Anggiat mengatakan, kehadiran PT TPL di Tanah Batak selama 30 tahun lebih, telah merampas hak-hak masyarakat adat. Juga, menghancurkan sumber-sumber hidup masyarakat adat. Hal itu terjadi, karena hutan adat yang selama ini menjadi sumber hidup telah berganti menjadi pohon-pohon eukaliptus, yang tidak memberikan manfaat kepada masyarakat adat.

“Atas kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat adat di Tanah Batak, mendorong transparansi, keadilan, dan perlindungan hak asasi manusia adalah langkah yang harus diambil bersama untuk memastikan keberlanjutan lingkungan, hak-hak masyarakat adat, dan keadilan dalam pengelolaan sumber daya alam bagi generasi mendatang,” sebutnya.

“Mencabut izin PT Toba Pulp Lestari dari Tanah Batak. Membebaskan Sorbatua Siallagan tanpa syarat. Menghentikan segala bentuk intimidasi dan kriminalisasi terhadap masyarakat adat yang berjuang atas hak-haknya. Segera sahkan RUU Masyarakat Adat,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment