Pemkab Samosir Terima Bantuan Bibit Tanaman untuk Penahan Longsor dari Dinas LHK Provsu

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu melalui KPH Wilayah XIII Doloksanggul, memberikan bantuan ribuan bibit tanaman program penghijauan lingkungan sebagai penyangga lahan rawan longsor kepada BPBD Kabupaten Samosir.

topmetro.news – Pemkab Samosir terus membangun sinergitas dengan Pemprov Sumut. Kali ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu melalui KPH Wilayah XIII Doloksanggul, memberikan bantuan ribuan bibit tanaman program penghijauan lingkungan sebagai penyangga lahan rawan longsor kepada BPBD Kabupaten Samosir.

Bantuan bibit tersebut diserahkan langsung Kepala UPTD Wilayah XIII Doloksanggul Esra Sardina Sinaga SP MPsi kepada Kepala Pelaksana BPBD Samosir Sarimpol Simanihuruk ST, di halaman Kantor BPBD Samosir, Rabu (17/4/2024).

Ada pun bibit tanaman yang diserahkan adalah berupa bibit Aren sebanyak 1.000 batang, Alpukat 2.210, Durian 2.000, Pinus 801, dan Kemenyan sebanyak 780 batang.

Esra Sardina Sinaga menyampaikan, bantuan ini berdasarkan permohonan BPBD Samosir kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu. Ia berharap, bantuan bibit tanaman ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Samosir. Terutama sebagai penyangga lahan-lahan yang rawan longsor.

“Ke depan kita akan terus membangun sinergitas yang baik dengan Pemkab Samosir demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Kalak BPBD Samosir Sarimpol Simanihuruk ST menyampaikan terimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu, khususnya KPH Wilayah XIII Doloksanggul yang sudah menjembatani, sehingga bantuan bibit tanaman ini bisa sampai di Kabupaten Samosir.

Sarimpol mengatakan, bibit tanaman ini akan mereka bagikan kepada masyarakat yang memiliki lahan yang rentan dan rawan terhadap longsor. “Maka kami sampaikan kepada masyarakat Kabupaten Samosir yang memiliki lahan rawan longsor agar membuat permohonan kepada kami. Nanti akan kami salurkan,” kata Sarimpol mengakhiri.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment