Bupati Samosir Salurkan Bantuan Sosial kepada Anak Yatim Piatu

Bupati Vandiko T Gultom menyalurkan bantuan sosial kepada anak yatim, piatu, dan yatim piatu (YAPI) se-Kabupaten Samosir.

topmetro.news – Bupati Vandiko T Gultom menyalurkan bantuan sosial kepada anak yatim, piatu, dan yatim piatu (YAPI) se-Kabupaten Samosir. Berlangsung di Bank Mandiri Pangururan-Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan, Kamis (18/4/2024).

Bantuan bersumber dari APBN melalui Kemensos TA 2024 dengan jumlah 800 ribu/orang mulai Januari – April atau Rp200.000/bulan. Total penerima untuk Kabupaten Samosir sebanyak 369 orang. Penyaluran bantuan melalui Bank Mandiri dengan ATM.

Dalam kesempatan itu, Bupati Samosir memberikan ATM secara simbolis kepada perwakilan penerima dari Kecamatan Pangururan dan Ronggurnihuta.

Vandiko T Gultom menyampaikan bahwa ia menyalurkan bantuan tersebut sebagai sinergi Pemkab Samosir dengan pemerintah pusat. “Sumber anggaran dari APBN. Pemkab Samosir menyodorkan data dan disetujui Kemensos dari data yang diusulkan kemudian ditentukan Kemensos sesuai verifikasi,” kata Vandiko.

Harapannya, bantuan dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan anak, baik pendidikan, kesehatan, maupun kebutuhan kesehariannya. Vandiko berpesan, yang belum tercover atau terdaftar untuk segera mendaftarkan ke Dinas Sosial PMD untuk verifikasi dan pengusulan ke Kemensos RI.

“Adek-adek tetap semangat. Berdoa yang rajin dan juga selalu sayangi keluarga yang ada. Saya yakin Tuhan akan menolong dan kalian akan berhasil menggapai cita-cita,” ucap Vandiko menyemangati

Kadis Sosial PMD F Agus Karo karo menyampaikan, program bantuan sosial bagi YAPI untuk membantu meringankan beban anak yatim piatu. Serta juga meningkatkan peran keluarga/wali untuk memberikan dukungan kepada anak.

Penyaluran selanjutnya akan berlangsung per dua bulan.

Pimpinan Bank Mandiri Pangururan Jonny Simanjuntak mengatakan, metode pencairan tahap I berlaku melalui transaksi di ATM Bank Mandiri. Berikutnya bisa menggunakan Bank Himbara. Tidak harus ke ATM Mandiri. Juga dapat melalui agen Bank Mandiri terdekat.

Turut hadir, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, pendamping PKH, wali, dan penerima bantuan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment