PSBD Asahan III, Etnis Sunda Akan Berkontribusi Dalam Pembangunan Asahan

TOPMETRO.NEWS – Etnis Sunda yang tergabung dalam Paguyuban Warga Sunda (PWS) Asahan turut memeriahkan Pekan Seni dan Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan III, kemarin, di Kisaran.

Pada kesempatan itu, etnis Sunda menampilkan seni tari Merak, Tari Jaipong, Pop Sunda dan Sisingaan. Selain itu juga memamerkan sekaligus memainkan beberapa alat kesenian yang ditampilkan diantaranya yakni, rebab, suling, kendang, kepyek keprak, siter, gambang, saron, gamelan jangkep, karinding, angklung, tarawangsa, kecapi, angklung, calempung, jentreng.

Ketua PWS Asahan Heri Purnama mengatakan, etnis Sunda di Asahan termasuk sedikit, namun tidak mengurangi keinginan paguyuban warga Sunda untuk tampil dan memperlihatkan kesenian dan budaya Sunda.

“Sekitar 200 lebih jiwa warga Sunda di Asahan, namun tetap semangat untuk turut menampilkan seni budaya di Pekan Seni Budaya Daerah. Ini sekaligus menunjukkan etnis Sunda tetap solid,” kata Purnama.

Pur menuturkan, tujuan keikutsertaan PWS Asahan itu dalam PSBD untuk mengenalkan seni dan kebudayaan etnis Sunda kepada masyarakat Asahan yang mayoritas bersuku Melayu. Sehingga masyarakat di Asahan dapat mengenali etnis Sunda yang merupakan bagian dari Indonesia sekaligus membaur bersama masyarakat Asahan untuk berkontribusi membangun Asahan yang lebih baik.

“Kami ingin berkontribusi terhadap pembangunan di Asahan ke arah yang lebih baik bersama suku melayu di Asahan yang merupakan satu kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Purnama.(TMD/006).

Related posts

Leave a Comment