Mendarat di Madinah, 2 Jamaah Haji Asal Medan Dilarikan ke Rumah Sakit

TOPMETRO.NEWS – Jamaah haji Kloter 01 Embarkasi Medan telah sampai di Madinah, Arab Saudi, waktu setempat. Berdasarkan informasi yang disampaikan petugas kesehatan dari 389 jamaah haji, dua orang di antaranya mengalami gangguan kesehatan karena menempuh perjalanan selama sembilan jam dari Bandara Internasional Kualanamu Medan, Sumatera Utara menuju Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Karena itu dua jamaah tersebut terpaksa menjalani perawatan medis lanjutan setelah menjalani pemeriksaan di klinik bandara.

“Satu jamaah yakni Ny DD (55), didiagnosa mengalami hipertensi sehingga dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI),” ujar Ika Nurfarida Sholeh, Kasubsi KKHI Madinah, Jumat (28/7/2017), seperti dikutip dari sindonews.com.

Sedangkan satu jamaah lainnya dilaporkan mengalami diabetes traumatik atau kesadaran yang menurun akibat penyakit diabetes, yakni Ny YM. Yang bersangkutan langsung dirujuk ke Mosat Hospital, Madinah.

Ditanya kondisi suhu yang mencapai 45-50 derajat celcius, dia mengingatkan jamaah akan potensi serangan penyakit.

“Yang paling ringan kulit kering dan pecah-pecah. Paling berat heat stroke yang dapat berakibat penurunan kesadaran hingga kematian,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi serangan penyakit akibat suhu yang tinggi, Ika Nurfarida Sholeh memberikan sejumlah langkah pencegahan:

1. Banyak minum, 300 cc/jam tanpa menunggu haus.
2. Memakai pelindung: payung, topi, alas kaki, kacamata hitam, berteduh, masker basah, tabir surya.
3. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan terutama yang di luar gedung.
4. Menyemprot wajah dan bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.(TMN)

Related posts

Leave a Comment