6 Bacalon Bupati/Wabup Taput Daftar ke Partai Golkar, di Antaranya St Jonner Simatupang dan Krismanto Lumbantobing

Selasa (23/4/2024), adalah hari terakhir penjaringan Bakal calon Bupati/Wakil Bupati Pilkada 2024 oleh DPD Partai Golkar Tapanuli Utara

topmetro.news – Selasa (23/4/2024), adalah hari terakhir penjaringan Bakal calon Bupati/Wakil Bupati Pilkada 2024 oleh DPD Partai Golkar Tapanuli Utara. Pada penutupan itu, mendaftar dua kandidat, masing-masing St Jonner Simatupang dan Krismanto Lumbantobing.

Sekitar pukul 12.00 WIB, St Jonner Simatupang datang bersama Krismanto Lumbantobing. Masing-masing beserta istri dan ratusan simpatisan dan pendukung.

Walaupun kedatangan kedua tokoh itu bersamaan, namun pendaftaran terlaksana dalam dua termin.

St Jonner Simatupang yang sudah tersosialisasi di Tapanuli Utara, datang dengan motto, ‘Tapanuli Utara Bersinar’ (Taber). Ini juga menjadi bagian visi pembangunan Tapanuli Utara lima tahun ke depan.

“Bila Tapanuli Utara bersinar, masyarakatnya pasti sejahtera,” sebut St Jonner saat memaparkan pokok-pokok visi/misinya.

Tujuh Program

Jonner menjelaskan, untuk mencapai Visi ‘Tapanuli Utara Bersinar’ itu, ada tujuh pokok program yang pasti harus dilaksanakan.

Pertama, optimalisasi pelayanan pemerintahan yang akuntabel dan transparan. Kalau pelayanan publik bagus, maka semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan akan meningkat.

Kata Jonner, ada Program ‘Bekerja Sambil Berdoa’. Pembangunan kerohanian sangat penting. Karena Tapanuli Utara merupakan daerah awal penyebaran Agama Kristen di Tanah Batak melalui Misionaris Dr IL Nomensen.

Tapanuli Utara harus membuat terobosan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkarakter dan berprestasi. Kemudian pemeritah akan tetap berkomitmen meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur. Apa yang sudah dibangun harus dipelihara. Juga perlu memfasilitasi investor untuk hadir di Tapanuli Utara.

Partai Besar

Pada pukul 14.00 WIB, Krismanto Lumbantobing juga mendaftarkan diri. Putra mantan Bupati Taput dua periode, Torang Lumbantobing (Toluto) itu, datang bersama istri serta simpatisan dan pendukungnya.

Usai mendaftar, ia menyampaikan harapannya Bendera Partai Golkar dapat berkibar sebagai partai pengusung pada Pilkada 2024 ini.

“Partai Golkar adalah partai besar yang sudah mengakar di masyarakat. Oleh sebab itulah kami mendaftar dan berhatap pengusung kami pada Pemilukada mendatang,” sebut Krismanto.

Akan Bersinar

Ketua DPD Partai Golkar FL Fernando Simanjuntak SH MH pada kedua acara pendaftaran itu, menyampaikan rasa bangga karena para kandidat mempercayai Partai Golkar.

“Kami sangat percaya, Tapanuli Utara akan bersinar dan masyarakatnya sejahtera bila Pak Jonner terpilih menjafi Bupati pada Pilkada 2024 ini,” sebut Fernando.

Ia pun mengakui, perkembangan pembangunan di Tapanuli Utara terkesan lambat dibanding kabupaten lain di Sumatera Utara.

Fernando mengatakan, sesungguhnya banyak kader dan simpatisan Partai Golkar yang berniat dan berpeluang menjadi pemimpin di Tapanuli Utara. Di antaranya, St Jonner Simatupang dan Krismanto Lumbantobing.

Fernando mengatakan, St Jonner Simatupang dan Krismanto Lumbantobing merupakan bagian dari Keluarga Besar Partai Golkar.

“Partai Golkar akan mendukung perjuangan Pak Jonner yang sudah masuk jajaran Dewan Pertimbangan Partai. Hasil penjaringan ini akan dilaporkan kepada DPD Partai Golkar Sumut, kemudian dilanjutkan dengan tahapan survei elektabilitas oleh DPP. Harapan kita Pak Jonner mendapat rekomendasi Partai Golkar. Sehingga Bendera Partai Golkar berkibar dalam Pilkada 2024,” paparnya.

Kepada Krismanto, Fernando menyebut, walaupun belum masuk dalam partai, semangat dan jiwanya adalah Golkar. “Mudah-mudahan Krismanto menang dan mendapat dukungan rekomendasi dari DPP Partai Golkar,” sebut Fernando.

Ia pun mengimbau St. Jonner Simatupang dan Krismanto Lumbantobing meningkatkan sosialisasi, sehingga tingkat ekektabilitas akan semakin meningkat.

Enam Kandidat

Menjawab wartawan, Fernando menerangkan, jumlah kandidat bakal calon bupati/wakil bupati hasil penjaring berkumlah enam orang. Keenam kandidat itu adalah:

1. Jonius Taripar P Hutabarat
2. Deni P Lumbantoruan
3. Erikson Sianipar
4. St Jonner Simatupang
5. Krismanyo Lumbantobing
6. FL Fernando Simanjuntak SH MH (Ketua Golkar Taput).

“Nama-nama itu akan kami laporkan ke DPD Partai Golkar Sumatera Utara,” sebut Fernando.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment