Kedai Kopi Tradisional yang Wajib Kalian Kunjungi di Sumatera Utara

KEDAI kopi adalah sebuah tempat yang menjual minuman yang pada umumnya berbahan dasar kopi. Bagi sebagian besar orang kedai kopi bukan hanya sekedar tempat untuk menyeruput kopi kegemaran mereka, namun juga  menjadi tempat untuk me refresh ketegangan di otak akibat dari kelelahan dan kebosanan dari aktivitas belajar, bekerja maupun aktivitas lainnya.

Seiring perkembangan zaman  makna kedai kopi  mengalami gradasi yang menciptakan kompleksitas dari eksistensi kedai kopi. Pemaknaan ini tentunya terhubung dengan nuansa atau tempat kedai kopi terkait.

Semisalnya, untuk kedai yang bernuansa remang, menawarkan suasana sawah, gunung, sungai, atau yang berkaitan dengan “alam” maka diidentikan dengan tongkrongan “anak Senja” . Sebutan bagi orang-orang yang memiliki keterkaitan kuat terhadap musik indie, puisi, dan suasana senja.

Ada banyak sebenarnya sebutan-sebutan lain yang punya keterkaitan antara tempat dan nuansa yang ditawarkan kedai kopi. Ditambah lagi era modernitas ini seakan memaksa masyarakat terkhususnya milenial untuk terjebak dalam budaya yang cenderung meninggikan culture kedai kopi modern dengan kekompleksitasannya.

Di sumatera utara sendiri ada 4 kedai kopi legendaris yang jauh dari dinamika pop culture yang harus kalian kunjungi, yaitu :

  1. Kedai Legendaris Kopi Apek di Medan

Berdiri pada tahun 1919 membuat Kedai ini menjadi salah satu kedai kopi tertua di Kota Medan. Kenikmatan rasa yang ditawarkan membawa orang-orang yang ada di Medan maupun luar Medan berbondong-bondong ke tempat ini.

Pertama kali datang pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan yang memukau dari kedai kopi yang satu ini. Dengan bergayakan bangunan Tionghoa klasik bangunan ini menawarkan kenyamanan bagi setiap pengunjung.

Bagi yang belum tahu, tempat ini berlokasi di jalan Hindu No. 37, Kesawan, Medan Barat dan buku mulai pukul  06.00 hingga pukul 12.00 WIB setiap hari.

  1. Kedai Kopi Kurnia

Kedai ini menjadi salah satu tempat ngopi favorit bagi masyarakat medan khususnya. Terletak di Jalan jenderal sutoyo siswomiharjo, masih dalam wilayah pusat kota Medan. Setiap hari kedai ini ramai dikunjungi oleh pengunjung, maka Anda harus sabar menunggu antrian bila ingin mencicipi hidangan di kedai Kopi Kurnia.

Kopi yang tersaji di kedai kopi ini sangat harum dan masih diolah secara tradisional. Selain itu kalian bisa juga memesan roti panggang srikaya sebagai teman kopi kalian. Jika ingin lebih berat di tempat ini juga disajikan okkien Mie yang merupakan campuran mie kuning atau kwetiau dan bihun dengan udang, ikan, daging kecap, bakso dan kepiting.

  1. Kopi Kok Tong Siantar

Kali ini kita geser ke salah satu kota yang ada di Sumatera Utara yaitu Kota Siantar. Selain sebagai tempat bermukimnya Betor (Becak Motor ) yang unik. Kota Siantar menyimpan banyak kedai kopi yang melegenda. Salah satunya adalah Kopi Kok Tong.

Kedai ini berdiri pada tahun 1925 hampir satu abad. Bagi kalian yang sedang lewat atau berkunjung ke Siantar, kalian bisa mampir ke kedai kopi yang satu ini. Kedai Kopi Kok Tong Siantar berada di Jl. Cipto No.115, Dwikora, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

  1. Kedai Kopi Sedap Siantar

Masih di Kota Siantar, kedai Kopi Sedap Siantar berada di Jl. Sutomo (Dekat Simpang Surabaya), Siantar Barat, Pematang Siantar. Kedai kopi ini berdiri sejak 1939.

Bila kesini kalian bisa memesan kopi hitam pahit yang menjadi primadona tempat ini dan ditambah den roti bakar srikaya yang tidak kalah lezatnya. Kedai yang satu ini mulai buka pukul 8.00 WIB- 18.30 WIB

Penulis | Agung Bukit

 

Related posts

Leave a Comment