757 Calhaj Madina Ikuti Simulasi Pembekalan

topmetro.news – Sebanyak 757 Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Mandailing Natal ( Madina ) mengakhiri manasik akbar dengan memakai pakaian ihram pelataran Mesjid Nur Ala Nur Aek Godang dan lapangan Kantor Bupati Lama, Senin (6/5/2024).

Pantauan wartawan, para calhaj juga melakukan tawaf, sa’i, dan tahallul. Lalu para jamaah juga dipraktekkan bagaimana wukuf di arafah, thawaf ifadhah, mabit di musdhalifah, serta melontar jumrah aqaba. Kemudian tahallul pertama, melempar 3 jumrah, mabit di mina, thawaf wada, dan tahallul kedua.

Manasik haji akbar terakhir sebelum keberangkatan ini dilakukan guna memberikan bekal pada calhaj terkait tujuan mereka ke Tanah Suci.

Kabag Kesra Madina Baharuddin kepada waratawan menjelaskan, kegiatan bertujuan memberikan bekal pada calon jema’ah haji terkait tujuan mereka ke Tanah Suci

Dan lanjutnya, pelaksanaan manasik haji yang berlangsung di pelataran Masjid Nur Alan Nur Aek Godang Panyabungan ini diprakarsai Pemkab Madina dengan Kantor Kemenag Madina.

“Ada 757 peserta yang mengikuti kegiatan simulasi haji ini. Usai manasik akan dilakukan zikir dan doa atau sekaligus tepung tawar Pemda Madina bagi calhajm” ujarnya.

Baharuddin juga mengungkapkan ada tiga jadwal keberangkatan calhaj asal Kabupaten Madina tahun ini. Sesuai jadwal resmi dari kantor urusan haji Kementerian Agama daerah.

“Calhaj asal Madina untuk Kloter 3 Embarkasi Kualanamu Medan berangkat pada 13 Mei 2024 dari Madina menuju Asrama Haji Medan,” sebutnya.

Dan tambahnya, total jumlah calon jama’ah 776 orang. Dari 776 jamaah, Madina mendapat 3 kloter yakni Kloter 3, Kloter 15 dan Kloter 21.

“Selasa siang. Besok (7/5/2024) akan dilakukan rapat persiapan pematangan keberangkatan haji untuk optimalisasi haji tahun 2024.” paparnya mengakhiri.

reporter | Jeffry Barata Lubis

 

Related posts

Leave a Comment