Pahami Resiko Menindik Tubuh

Tindik tubuh atau yang dikenal luas dengan sebutan body piercing merupakan bagian dari ritual adat masyarakat zaman dulu yang bertransformasi menjadi bagian style fashion di era modern. Aktivitas melubangi tubuh dengan menyisipkan jarum ke bagian kulit maupun tulang rawan ini bertujuan sebagai tempat untuk ornamen dekoratif seperti perhiasan.

Di Indonesia kegiatan tindik tubuh mulai mendapati peminatnya pada era 90an. Kelompok band beraliran metal, punk dan sejenisnya mengidentikkan diri mereka dengan penggunaan tindik. Namun seiring berjalannya waktu menindik tubuh sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Bagian tubuh yang di tindik juga bervariasi, tidak hanya terbatas di bagian telinga saja. Banyak orang memiliki tindik di bagian bibir, bawah lidah, hidung, bawah hidung, dan masih banyak tempat lainya.  Pemilihan bagian tubuh yang cenderung ekstrim ini sering kali diartikan sebagai bentuk artistik.

Padahal melakukan tindik di area yang salah dan dengan metode yang kurang tepat dapat merugikan seseorang secara material maupun secara kesehatan. Bagi yang ingin melakukan tindik pada tubuh, kalian harus mengetahui berbagai resiko yang dapat kalian dapatkan setelah menindik tubuh.

  1. Risiko melakukan tindik lidah

Mulut adalah tempat ideal bagi berkembangnya bakteri. Artinya, kemungkinan terjadi infeksi semakin besar terutama ketika dilakukan prosedur tindik lidah. Infeksi yang cukup parah bahkan bisa mengancam nyawa karena lidah bisa membengkak dan menutup saluran napas.

  1. Infeksi tubuh

Penggunaan jarum suntik yang tidak steril dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri dan virus, seperti tetanus, hepatitis B dan hepatitis C, serta HIV.

  1. Resiko melakukan tindik di puting payudara

Pada wanita, tindikan yang dilakukan di area puting berisiko menimbulkan kerusakan jaringan payudara sehingga akan berdampak pada proses menyusui. Selain itu melakukan tindik pada area ini rentan terkena infeksi seperti, area yang ditindik terasa panas, sensitif serta terasa sakit bila disentuh.

Bagi kalian yang ingin tindik di bagian ini, terkhususnya bagi wanita. Sebaiknya mempertimbangkan kembali dengan matang mengenai resiko apa yang bisa kalian terima.

  1. Tindik Pusar

Bagian pusar sering dipilih untuk di tindik apalagi oleh wanita. Memasang perhiasan dengan menindik pusar dirasa mampu mempercantik penampilan.  Namun dibalik keindahan dari tindik pusar terdapat resiko alergi yang mungkin bisa kalian rasakan. Sensasi gatal dan panas bisa terjadi, selain itu kulit disekitar pusar akan menjadi kemerahan.

Penulis | Agung Bukit

 

Related posts

Leave a Comment