Pasukan Khusus TNI AL dan US Recom Latihan Launge Range Navigation

tni al

TOPMETRO.NEWS – Masih dalam rangkaian Latma Carat 2024 yang digelar di Perairan Teluk Ratai Lampung, Pasukan khusus TNI Angkatan Laut (TNI AL) yakni Prajurit Intai Amfibi Marinir dan USMC Recon berlatih “Lounge Range Navigation” di Perairan Teluk Ratai Lampung, Rabu 16 Mei 2024.

Long Range Navigation adalah teknik infiltrasi dengan sarana kapal/ boat/ perahu karet yang diarahkan dari suatu titik ke titik tertentu dimana letaknya berjauhan dari laut ke darat, darat ke laut atau beberapa titik di laut, dengan tepat tujuan, tepat waktu dan aman menuju titik yang telah ditentukan.

Latihan long range navigation ini bertujuan untuk mengasah kemampuan infiltrasi lintas permukaan dengan sarana Searider/ Perahu karet, dimana material tersebut nantinya akan digunakan oleh pasukan Taifib dan US Recon pada saat akan melaksanakan infiltrasi menuju sasaran.

BACA PULA | PPK, PPTK Sembilan Paket Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Tubaba Tahun 2023 Terkesan Buang Badan

Tak cuma sekadar memindahkan Searider/ Perahu karet dari satu titik ke titik yang lain, latihan ini juga mempelajari bagaimana cara menghitung kecepatan Searider dihadapkan dengan kondisi angin, kecepatan arus dan gelombang serta baringan kompas maupun pasang surut air laut.

Selain untuk meningkatkan naluri tempur di medan tugas, latihan tersebut juga merupakan ajang untuk membangun hubungan bilateral yang baik bagi kedua negara, khususnya Indonesia dan Amerika Serikat.

BACA PULA | Dengan Teknologi, Polda Sumut Temukan Ladang Ganja Seluas 5 Hektar

Pelaksanaan latihan tersebut selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang menekankan bahwa setiap Prajurit Jalasena harus mempunyai keterampilan dan naluri tempur yang baik di medan pertempuran.***

reporter | dpsilalahi
sumber | a1

Related posts

Leave a Comment