Bupati Humbahas Buka Rakor Gugus Tugas KLA

Bupati Humbang Hasundutan diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Jaulim Simanullang membuka secara resmi Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) di Ruang Rapat Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul, Rabu (5/6/2024).

topmetro.news – Bupati Humbang Hasundutan diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Jaulim Simanullang membuka secara resmi Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) di Ruang Rapat Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul, Rabu (5/6/2024).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Jaulim Simanullang, Bupati Humbahas menyampaikan agar seluruh pemangku kepentingan/gugus tugas berkomitmen dan bersinergi dalam memenuhi hak-hak anak serta perlindungan terhadap anak.

“Gugus tugas mengkoordinasikan rencana aksi sinkronisasi, mobilisasi, fasilitasi, sosialisasi, edukasi, pemantauan dan pelaporan pelepasan dan penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak,” katanya.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan itu, kata Bupati, adalah untuk melakukan koordinasi kelembagaan dan lima klaster hak anak. Antara lain, klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus anak.

Sementara itu, Kadis PMDP2A Maradu Napitupulu dalam paparannya meyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) adalah meningkatkan upaya menyediakan hak anak dan perlindungan khusus anak. Serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi semua pihak, masyarakat, dunia usaha dalam menyelenggarakan Kabupaten Layak Anak.

Pembicara nasional pada kegiatan ini, dosen Fakultas Ilmu Sosial UINSU, sekaligus sebagai Tim Assesor Independen Evaluasi KLA, M Jailani SSos MA dan Plt Kabid Pemenuhan Hak Anak dan Peningkatan Kualitas Keluarga pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Sumut Drg Syawalini Fitri Sinaga.

Ada pun peserta rapat pada kegiatan ini adalah Forkopimda, OPD terkait, PKK, Sada Ahmo, Kemenag, dan lainnya.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment