Prabowo Subianto, Presiden Terpilih Peduli Gaza, Ini Bedanya dengan Mantan Presiden SBY

TOPMETRO.NEWS – Prabowo Subianto selaku Presiden Indonesia terpilih dinilai memberi perhatian khusus kepada korban perang di Jalur Gaza, Palestina. Hal ini mengundang perhatian dari pengamat hubungan internasional, Robi Sugara. Dia mengapresiasi Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas sikapnya itu.

Sikap Prabowo Subianto, maksud Robi Sugara, lantaran siap mengirimkan bantuan baik pasukan perdamaian maupun tenaga medis untuk merawat para korban di jalur Gaza, Palestina.

Gaya Prabowo Subianto yang blak-blakannya maksud Direktur Eksekutif Indonesian Muslim Crisis Center (IMCC) ini, termasuk spontanitasnya yang kemudian dengan cukup berani melakoni aksi-aksi terutama berbicara mengenai korban perang di Jalur Gaza.

BACA PULA | Alaa Qadoum, Bocah Palestina yang Gugur Akibat Serangan Jet Tempur Israel di Gaza

Hal inilah yang dikatakan Direktur Eksekutif Indonesian Muslim Crisis Center (IMCC), Robi Sugara dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu 5 Juni 2024 seperti disiarkan TOPMETRO.NEWS.

Prabowo subianto yang berlatar belakang militer itu, sebut Robi Sugara, memiliki keberanian dan keberpihakan yang konkrit, untuk berbicara kepada dunia agar turut membantu Gaza.

Meski pemerintahan Presiden Jokowi sudah memberikan perhatian serius terhadap Gaza lewat pengiriman bantuan, tapi menurut Robi Sugara, Prabowo Subianto juga akan melakoni hal serupa. Bahkan diperkirakan melebihi bentuk perhatian Presiden Jokowi.

BACA PULA | 222 Paket Pangan dari Aceh Singkil Tiba di Palestina, Bukti Dukungan Terhadap Warga Gaza

Robi Sugara mengapresiasi Prabowo yang memiliki keunggulan bisa langsung berbicara lewat forum-forum dunia internasional dengan lantang dan berani terutama terhadap pemimpin negara-negara lainnya.

Mantan Danjen Kopassus itu, menurut Robi Sugara, berbeda dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dalam setiap forum internasional menyampaikan sikap dengan sangat hati-hati. Berbeda dengan Prabowo Subianto yang blak-blakan dan spontan.

Kelebihan Prabowo inilah, menurut dia, bisa melakukan komunikasi langsung dengan komunitas internasional.

Meskipun SBY, menurutnya, sebenarnya punya kemampuan itu, tetapi SBY sejauh ini terlihat sangat (terlalu) berhati-hati.

BACA PULA | Kasus TPPO, Mantan Bupati Langkat Terbit Rencana PA Dituntut 14 Tahun Penjara

Contoh, papar dia, di forum IISS Shangri-La Dialogue-Singapura, Prabowo tatap muka langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang negaranya sedang terlibat perang dengan Rusia.

Sebelumnya, Prabowo di Forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 itu konsentrasi pada isu strategis keamanan global yang menjadi perhatian dunia, terutama konflik di Ukraina dan Palestina, Prabowo Subianto menekankan pentingnya dialog diplomatik antar negara-negara berkonflik.

BACA PULA | Polri: Syarat Pemohon SIM Harus Peserta BPJS, Uji Coba di 7 Daerah

Dia pun menyoroti peristiwa tragis terbaru di Rafah yang menimbulkan banyak korban jiwa, terutama anak-anak, wanita dan warga sipil.

Prabowo Subianto berjanji siap segera mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit di Gaza dengan persetujuan semua pihak. Hebatnya, kata Robi Sugara, Indonesia pun sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga Palestina yang terluka atau mereka yang membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia di sana.***

repoter | dpsilalahi

sumber | a1

Related posts

Leave a Comment