Bupati Asahan Hadiri Sosialisai dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara

topmetro.news – Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen Eko Sunarto membuka sosialisasi dan diseminasi pembinaan kesadaran bela negara di Singapure City Hotel Kabupaten Batubara, Kamis (13/6/2024).

Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Kaban Kesbangpol Ahmad Nizar Simatupang ST mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan terbentuknya sikap mental dan prilaku warga negara yang memiliki kesadaran dan kesanggupan mengaktualisasikan nilai dasar bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya terwujudnya SDM Indonesia yang memiliki kesadaran dan kemampuan bela negara yang tangguh dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mendukung indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri dan sejahtera.

“Bela negara tidak hanya memakai senjata, bisa juga menggunakan pemikiran yang cerdas dalam menjaga kedaulatan, martabat, dan harga diri bangsa,” kata Nizar.

Brigjen Eko Sunarto menyampaikan pembinaan kesadaran bela negara dalam rangka menyebarluaskan nilai dasar bela negara. Bela negara tidak hanya tanggung jawab Kemenhan dan TNI, tetapi tanggung jawab bersama. Dalam Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945 mengamanatkan, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Sosialisasi diikuti 250 orang yakni perangkat desa, kades, camat, ASN.

reporter | Adenan

Related posts

Leave a Comment