3 Jamaah Haji Asahan Kloter 01 Meninggal Dunia

topmetro.news – Bupati Asahan diwakili Asisten I Buwono Prawana SIP MSi dan Forkopimda menyambut kepulangan jamaah haji Asahan kloter 01 di Gedung Tahfidz Masjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran, Senin (24/6/2024).

Kakankemanag Asahan Dr H Saripuddin Daulay menyampaikan, dasar hukum penyambutan ini adalah UU No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Surat Dirjen PHU Kemenag No B-09002/DJ/DT.II.II.4/HJ.05/5/2024 tentang Jadwal Penerbangan dan Pemulangan Jamaah Haji 1445H. Surat Kakanwil Kemenag Provsu No B.3860/Kw.02/4-b/Hj.05/06/2024 tentang Pemulangan Jamaah Haji dan Surat Bupati Asahan No 400.8/2723/UM.Kesra/VI/2024 tentang Penjemputan Jamaah Haji Kloter 01.

Saripuddin menyampaikan, ada 3 jamaah haji asal Asahan yang meninggal dunia yakni H Ahmad Faisal Sinaga (56) warga Dusun VIII Silau Jawa Kecamatan Bandar Pasir Mandoge karena respiratory failure ec asma eksaserbasi skut heat stroke usai melontar jumrah aqobah tanggal 10 Zulhijjah 1445 H.

Selanjutnya Hj Syaimah Damanik (95) warga Dusun VI Desa Karya Ambalutu Kecamatan Buntu Pane karena cardiac arrest dan severe hypoglicemia dan low intake geriatri problem tanggal 11 Zulhijjah 1445 H. Terakhir Hj Ngainah Tukimin (61) warna Dusun I Desa Pulau Rakyat Pekan karena drop dan infeksi saluran otak tanggal 23 Juni 2024. Ketiganya dimakamkan di Syar’ie Diluar Ma’la.

Bupati Asahan dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten I mengucapkan selamat datang kembali para ‘dhuyupurrahman’ di Asahan.

“Kita patut bersyukur jamaah haji asal Asahan dalam keadaan sehat walafiat selama di Tanah Suci dan kembali ke tanah air. Selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan sanak famili.”

“Besar harapan kita, semoga memperoleh haji mabrur dan mabruroh. Mampu menjadi panutan bagi masyarakat sekitar, khususnya keluarga dan dapat memberikan warna untuk mewujudkan visi misi sejahtera, religius dan berkarakter,” katanya.

Buwono berharap, sampaikan motivasi dan kesabaran kepada yang belum berangkat tahun ini. Ceritakan pengalaman rohani yang di dapat selama melaksanakan ibadah haji agar menggugah dan memotivasi keluarga untuk melaksanakan ibadah haji

Buwono mengatakan, jumlah jamaah haji Asahan yang pulang 357 orang, 3 orang meninggal dunia dan hanya barang yang kembali. Pemkab Asahan terus melakukan perbaikan dalam pelayanan jamaah haji, agar merasa nyaman dengan melibatkan stakholder.

reporter | Adenan

Related posts

Leave a Comment