Hari ke-3 di Humbahas, Tim Sekretariat Wapres Diskusi di Puskesmas Saitnihuta Doloksanggul

Hari ke-3 di Humbahas, Tim Sekretariat Wapres berdiskusi dengan petugas kesehatan, kepala desa termasuk kader posyandu di Puskesmas Saitnihuta Doloksanggul, Kamis (27/6/2024).

topmetro.news – Hari ke-3 di Kabupaten Humbahas dalam rangka Pemantauan Intervensi Serentak Percepatan Pencegahan Stunting 2024, Tim Sekretariat Wapres berdiskusi dengan petugas kesehatan, kepala desa termasuk kader posyandu di Puskesmas Saitnihuta Doloksanggul, Kamis (27/6/2024).

Hadir dalam diskusi itu, Plt Kadis Kesehatan P2KB dr Gunawan Sinaga, Kadis PMDP2A Maradu Napitupulu, Kadis PKP Anggiat Simanullang, Camat Doloksanggul Marudut Simanullang, Kepala UPT Puskesmas Saitnihuta Delima Siburian, termasuk BKKBN Sumut.

Saputera dari Tim Sekretariat Wapres mengatakan, untuk menghindari stunting-stunting baru, agar tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Juga bersegera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari para petugas kesehatan.

Pemerintah terus melakukan berbagai upaya.untuk menurunkan jumlah balita stunting, sehingga tidak lahir stunting-stunting baru. Salah satu kegiatan yang sangat strategis yang dilakukan adalah ‘Intervensi Serentak Pencegahan Stunting’.

Kegiatan ‘Intervensi Serentak Penanganan Stunting’ adalah untuk meningkatkan kunjungan dan cakupan sasaran ke posyandu dan mendeteksi masalah gizi. Serta memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran yang memiliki masalah gizi. Intervensi ini berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan, termasuk penyediaan air bersih dan sanitasi.

Plt Kadis Kesehatan P2KB dr Gunawan Sinaga mengucapkan terimakasih atas masukan dan.saran dari Tim Sekretariat Wapres. Ia jelaskan, Pemkab Humbahas telah melakukan berbagai upaya dan langkah-langkah, supaya stunting menurun. Hasilnya, dari tahun ke tahun, penurunan angka stunting cukup signifikan.

reporter | SM Pakpahan

Related posts

Leave a Comment