Jelang Sinode HKBP Distrik X Medan Aceh, Pdt Kana Silitonga MDiv MM Didukung Jadi Praeses

Sinode HKBP Distrik X Medan Aceh akan berlangsung, Senin (15/7/2024), mendatang di Aula HKBP Distrik X Medan Aceh. Berkaitan dengan acara ini, panitia telah mempersiapkan segala sesuatunya agar terselenggara dengan baik.

topmetro.news – Sinode HKBP Distrik X Medan Aceh akan berlangsung, Senin (15/7/2024), mendatang di Aula HKBP Distrik X Medan Aceh. Berkaitan dengan acara ini, panitia telah mempersiapkan segala sesuatunya agar terselenggara dengan baik.

Sinode yang dihadiri 307 peserta ini akan memilih calon Praeses, Majelis Pekerja Sinode (MPS), Majelis Pekerja Sinode Distrik (MPSD), dan memilih Badan Audit Distrik.

Sekdis HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt Indra Hutauruk yang dihubungi media ini, Selasa (9/7/2024) kemarin, menyebut, panitia telah siap untuk menyelenggarakan Sinode Distrik tersebut.

“Kesiapan Distrik sudah 90% Amang. ‘Name-tag’ untuk peserta sudah dibagi dan peserta langsung memakai ‘name-tag’ masuk keruang sidang. Prinsip sentralisasi tetap dijaga dengan tidak membebankan ressort atau huria tentang biaya sinode. Dana dicari panitia dan ruangan tempat sinode sudah dibenahi sesuai dengan jumlah peserta 307 orang,” kata Pdt Indra Hutauruk.

Sementara itu, berkaitan dengan pelaksanaan Sinode Distrik, sudah muncul calon-calon Praeses, MPS, MPSD, dan Badan Audit. Salah seorang calon Praeses yang banyak dibicarakan peserta sinode adalah Pdt Kana Silitonga SPd MDiv MM, yaitu Pendeta HKBP Ressort Kuala Bekala Medan.

Sehubungan dengan pencalonan Pdt Kana Silitonga ini, Parhalado Ressort HKBP Kuala Bekala telah mengadakan pertemuan ramah tamah dengan para peserta Sinode Distrik di Kupi & Kuliner Sedap Jaloan AH Nasution Kuala Bekala, Sabtu (6/7/2024) lalu.

Para peserta yang juga dihadiri calon-calon MPS, MPSDm dan Badan Audit itu mendoakan Pdt Kana Silitonga, kiranya diberkati Tuhan menjadi Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh.

“Molo diparar Tuhan i, boi nian hami tu ulaon na umbalga gabe Praeses HKBP Distri X Medan Aceh,” kata Pdt Kana Silitonga ketika dihubungi wartwan.

Pdt Kana Silitonga menyebut kalau Tuhan mengizinkannya terpilih menjadi Praeses, dia akan loyal kepada sesama pelayan, penatua, guru huria, Bibelvrow, Diakones, Evangelis, dan pendeta. Serta senantiasa menunjukkan tanggung jawab kepada pimpinan HKBP dan respon dalam pelayanan di huria, ressort, dan distrik.

Hal ini, menurutnya, sangat penting, demi mempertahankan ‘benang merah kepemimpinan’.

“Hal yang penting lagi sehubungan dengan sudah terlaksananya sentralisasi, maka saya berjanji harus kreatif dan inovatif dalam mengeksekusi kegiatan di huria, ressort, dan distrik, agar dana yang diperlukan tercukupkan dengan baik,” tandas Pdt Kana Silitonga.

“Sebagai Praeses, nantinya saya harus menjadi ‘katalog’ pelayan dalam hal kemampuan melayani dan memimpin distrik sebagai arena pelayanan yang memprioritaskan pembinaan mulai di tingkat sekolah minggu, remaja, pemuda, ama, kaum ibu, dan lansia. Yang penting juga menjaga kearifan lokal, tanggap dalam hal penyelesaian masalah, sekaligus menguatkan toleransi sesama pelayan, penatua, dan anggota jemaat, serta menjalin hubungan yang konstuktif kepada birokrasi pemerintahan,” papar Pdt Silitonga mengakhiri.

Acara ramah tamah yang dihadiri sekira 62 peserta itu berlangsung dengan baik dan penuh rasa persaudaraan, berkat pelayanan yang diberikan Parhalado HKBP Ressort Kuala Bekala, yakni St Pardo Sihite MPd dan kawan-kawan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment