Mantap…! Capaian Proses Coklit di Kabupaten Batubara Lampaui Sumatera Utara

topmetro.news – Daftar Pemilih Tetap (DPT) sinkronisasi Pilkada mengalami kenaikan dibanding Pileg serta Pilpres 2024 lalu hingga sebesar 316.635 pemilih. Dijelaskan Erwin SSosI selaku Ketua KPU Batubara, terkait data ini diketahui dari hasil capaian proses ‘Coklit’ (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih di Batubara.

Rabu (10/7/2024), diuraikan Erwin, bahwa capaian proses Coklit tersebut pun bahkan melampaui capaian proses Coklit diseluruh daerah Sumatera Utara yang baru mencapai 52%. Ditegaskan Erwin, kalau KPU Batubara tetap optimis bisa merampungkan proses Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) data pemilih Pilkada Serentak 2024 tepat waktu.

Selanjutnya Erwin memaparkan, saat ini petugas Coklit yang sudah dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing desa sedang terus melaksanakan tugasnya dimulai sejak tanggal 24 Juni sampai 24 Juli 2024. Hngga Selasa (9/7/2024) pukul 23.59 WIB kemarin, pelaksanaan Coklit di Kabupaten Batubara pun telah mencapai angka 80,48%.

“Kita optimis akan mampu menyelesaikan Coklit tepat waktu, karena pelaksanaan Coklit yang dilaksanakan oleh petugas Pantarlih kita telah mampu mencapai 80,48% dari target DPT Pilkada 2024 yang ini sesuai hasil sinkronisasi sebesar 321.552 pemilih. Jadi masih tersisa cuma sekitar 20% pemilih lagi, dengan batas waktu Coklit hingga 24 Juli 2024 mendatang,” terangnya.

Lebih lanjut dipaparkan Ketua KPU Batubara ini, bahwa apa yang ia uraikan baru diketahuinya kala mengikuti Rapat Persiapan Pilkada yang dilaksanakan KPU Sumut di Medan kemarin.

“Plt Ketua KPU RI sendiri menyampaikan agar KPU kabupaten/kota fokus melaksanakan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan juga mengingatkan agar regulasi yang ada dalam undang-undang segera disosialisasikan kepada masyarakat. Seperti PKPU 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota,” sebut Erwin.

Selain itu, juga disampaiakn Afifuddin agar semua jajaran KPU dapat menjaga marwah KPU di tengah masyarakat. Untuk memastikan pelaksanaan coklit berjalan sesuai ketentuan, Erwin mengatakan pihaknya terus melakukan monitoring hingga ke pelosok desa. Bahkan guna memastikan penyelesaian coklit, pihaknya telah mengimbau seluruh jajaran PPK termasuk PPS yang bertugas di Kabupaten Batubara agar dapat menyelesaikan coklit sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Kami berserta seluruh jajaran KPU Batubara turun langsung dan sudah melakukan pemantauan coklit bahkan sampai ke desa terluar seperti Desa Bandar Rahmad, Kecamatan Tanjung Tiram yang hanya dapat ditempuh dengan cara menaiki perahu untuk bisa sampai ke desa tersebut. Tujuannya adalah supaya kedepan Pilkada Batubara akan tetap berjalan dengan tertib, aman, lancar, nyaman dan sukses,” tutupnya.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment