Pemko Binjai Berkomitmen Berikan Pelayanan Publik Yang Terbaik

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Ombudsman Perwakilan Sumut berencana memasukkan Kota Binjai, dalam survey pelayanan publik untuk melihat kepatuhan penyedia layanan publik terhadap Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Survey akan memotret pelayanan publik di instansi pemerintahan di Kota Binjai, Senin (6/3)

“Undang-undang mewajibkan setiap unit pelayanan untuk memajang atributisasi standar pelayanan publik kepada masyarakat,”ujar Abyadi Siregar saat beraudensi kepada Walikota H.M. Idaham, di Balaikota Pemko Binjai, Jalan Jenderal Sudirman.

Sebelumnya, enam daerah telah disurvey Ombudsman Sumut antara lain, Pemprov Sumut, Pemko Medan, Pemkab Dairi, Langkat, Serdang Bedagai dan Pemkab Deli Serdang.Atas rencana  survey oleh Ombudsman Sumut, Walikota H.M. Idaham menyatakan siap  dan sangat terbuka.

H.M. Idaham  menegaskan, Pemko Binjai sangat  berkomitmen  untuk  memberikan pelayanan publik  yang  terbaik.  Pelayanan publik  oleh pemko Binjai bukan sekedar spanduk atau tulisan, tapi sudah langsung diterapkan  secara  berbasis elektronik melalui aplikasi e-perijinan, e-masyarakat, e-dokter,  e-anggaran , dan  e-musrenbang.

“Melalui aplikasi  masyarakat  bisa menyampaikan  masalah atau mengurus perijinan secara online,” kata H.M. Idaham.

Penggunaan aplikasi, lanjut H.M. Idaham mampu mempersingkat waktu pelayanan dan meminimalkan pungutan liar (pungli).Walikota H.M. Idaham menjelaskan saat ini Pemko Binjai sedang membangun Command Center yang berfungsi sebagai pusat  pengendali seluruh program yang berbasis IT.

Pemko Binjai juga akan meluncurkan bus Trans Binjai menghubungkan antar kecamatan, Bus dilengkapi GPS dan hanya berhenti  di halte,  Penumpangnya khusus warga Binjai dan  tidak dipungut bayaran.

Aplikasi lainnya juga sedang disiapkan, seperti pengurusan kartu kuning bagi para pencari kerja dan aplikasi  untuk orangtua siswa memantau anaknya disekolah.  “Seluruh aplikasi akan dikendalikan dari Command Center, dan di  Sumatera Utara,  baru kota Binjai yang memiliki Command Center,”kata Walikota.

Dalam kesempatan itu Walikota H.M. Idaham juga mengajak Ombudsman Sumut untuk meninjau  Command Center yang sedang dalam  pengerjaan, dimana rencananya Command Center akan diresmikan pada 20 Maret nanti bersamaan dengan Grand Launching Binjai Smart City. (TM Ril)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment