Hendrik H Sitompul: Ingatkan Pentingnya Spirit Pancasila

TOPMETRO.NEWS – Ketua Umun DPD Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumatera Utara, Hendrik H Sitompul, mengajak seluruh elemen masyarakat tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, supaya mewaspadai gerakan sejumlah organisasi yang bersikap intoleran dan terus menyebarkan idiologi anti Pancasila.

“Karenanya, penting penerapan spirit Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sangat penting falsafah Pancasila dan konsef Bhinneka Tinggal Ika,” kata Hendrik Sitompul, Minggu (20/8/2017).

Menurut Hendrik, saat ini bangsa Indonesia menghadapi kelompok yang berupaya melumpuhkan Pancasila, yang telah 72 tahun menyangga kemerdekaan. Sejumlah organisasi yang bersikap intoleran tersebut terus menyebarkan ideologi anti Pancasila.

“Tujuannya menggeser dasar serta falsafah negara kita. Kondisi ini dengan rupa-rupa kasus, seperti korupsi, penyalahgunaan narkoba, terorisme dan masalah kemiskinan,” terang Hendrik.

Dalam hal ini, kata Hendrik, ISKA menyerukan perayaan Kemerdekaan RI yang lalu harus menguatkan komitmen berbangsa yang menjunjung tinggi perbedaan.

“Pancasila tak akan berbunyi bila hanya menjadi mantra tanpa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Hendrik mencontohkan, peran ISKA menggerakkan remaja Indonesia melalui aktivitas sekolah kebangsaan. Lebih dari seribu remaja dari berbagai sekolah mendapat pelatihan mencintai dan membela negara.

“Ini salah satu kontribusi ISKA di HUT RI,” tambah Hendrik.

Alumni PPRA 52 Lemhanas RI ini menambahkab, Indonesia lahir sebagai bangsa heterogen. Kebhinekaan adalah warisan yang tidak boleh dinodai dengan kegiatan-kegiatan intoleransi.

“Pada pekan lalu, Konferensi Wali Gereja Indonesia menggelar Konferensi Nasional Umat Katolik Indonesia bertajuk Revitalisasi Pancasila. Konferensi itu bertujuan membangun kesadaran kolektif bangsa Indonesia bahwa Pancasila dan keadilan sosial harus kembali menjadi tujuan pembangunan. HUT RI ke-72 layak dimaknai sebagai momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk kembali memelihara api Pancasila sebagai sumber spirit kemerdekaan,” ungkap Hendrik.(TM/04)

Related posts

Leave a Comment